Categories

Feature

Inovasi Teknologi untuk Keamanan dan Privasi Data

Integrasi data bantu tingkatkan pengalaman dan kepercayaan pengguna

Ilham Sanjaya - 23 June 2020

Kepercayaan merupakan hal yang menjadi unsur utama dalam sebuah bisnis. Ketika seseorang telah percaya akan reputasi sebuah perusahaan, maka mereka tak akan ragu untuk mengeluarkan sejumlah dana untuk menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan. Di era digital ini, tak jarang perusahaan menyimpan data pengguna untuk berbagai keperluan. Tujuannya adalah meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna. Kemampuan perusahaan untuk menjaga keamanan dan privasi data, baik data perusahaan sendiri maupun data pengguna, menjadi faktor penting yang mempengaruhi kepercayaan masyarakat.

Perkembangan Inovasi Teknologi Untuk Keamanan Data

Salah satu upaya menjaga dan meningkatkan kepercayaan pengguna adalah dengan menerapkan inovasi teknologi terdepan dalam produk yang dimiliki. Bukan hanya sebatas fitur yang menarik dan memberi kemudahan, atau dapat diakses dengan cepat, melainkan juga soal keamanan sistem perusahaan. Mulai dari data perusahaan hingga data pengguna, semua harus menjadi perhatian utama dalam mengembangkan bisnis.

Penerapan inovasi teknologi dalam sistem keamanan dapat memberikan keuntungan, baik dari sisi pengguna maupun dari sisi perusahaan itu sendiri. Sistem keamanan canggih dapat mencegah risiko kebocoran atau pencurian data, yang jika terjadi dapat menjadi bencana besar bagi perusahaan, karena berpengaruh pada berbagai hal. Mulai dari kerugian dari segi operasional, kehilangan kepercayaan pengguna, hingga jatuhnya reputasi di mata masyarakat umum.

Kolaborasi antara Perusahaan

Dalam menerapkan inovasi teknologi sistem keamanan, kolaborasi merupakan hal yang lazim dilakukan. Salah satunya adalah kolaborasi yang dilakukan oleh Primeforce Indonesia dengan Eightwire. PrimeForce Indonesia merupakan perusahaan jasa konsultasi manajemen dan ICT. Fokus usahanya adalah layanan jasa untuk melakukan transformasi organisasi dan bisnis bagi perusahaan. Sedangkan Eightwire adalah perusahaan asal Selandia Baru yang bergerak dalam bidang data integrator.

Primeforce memiliki hubungan dengan sejumlah klinik dan rumah sakit Indonesia. Lewat hubungan ini, dibangunlah inisiatif untuk mendukung efisiensi dan efektivitas operasional klinik perawatan primer yang diberi nama Klinik Bagus. Eightwire berperan dalam mengintegrasikan data pasien di seluruh klinik dan rumah sakit yang bekerja sama dengan Primeforce untuk meningkatkan kemudahan dalam penyediaan perawatan mereka. Integrasi data dan rekam medis yang terkonsolidasi ini memungkinkan pasien tetap mendapatkan penganalisaan yang baik dan perawatan yang maksimal, meskipun saat mereka harus datang ke klinik yang berbeda.

Ke depannya, integrasi ini juga akan dikembangkan sehingga dapat mencakup ekosistem layanan kesehatan yang lebih luas, mulai dari rumah sakit, klinik, hingga apotek dan komunitas. Dalam proyek ini, Primeforce memanfaatkan pengalaman Eightwire dalam mengembangkan industri perawatan kesehatan di Selandia Baru untuk diterapkan di Indonesia.

Melalui pengalaman sebelumnya, Eightwire telah berhasil mengadakan proyek konsolidasi data layanan kesehatan di Selandia Baru. Hal ini membuat jaringan layanan kesehatan dapat lebih sering dan fleksibel dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat serta memungkinkan adanya pemeriksaan performa kinerja seluruh dokter di Selandia Baru. Bagi sektor kesehatan sendiri, hal ini membawa banyak keuntungan. Konsolidasi dan pertukaran data yang aman akan memungkinkan sektor ini setidaknya dapat mengurangi 50% waktu dalam proses dan analisis interoperabilitas.

Keamanan Data dalam Industri Finansial dan Perbankan

Selain di bidang kesehatan, finansial dan perbankan merupakan industri yang sangat penting menerapkan inovasi teknologi terdepan dalam keamanan dan privasi data, karena mereka mengelola keuangan dalam jumlah besar, serta memiliki data pengguna atau nasabah dengan detail yang sangat lengkap.

Pengguna dalam industri ini mampu menitipkan dana yang mereka miliki, bahkan dalam jumlah besar harapan dana tersebut terjamin keamanannya, serta dapat menghasilkan keuntungan dari investasi yang dilakukan. Penerapan teknologi canggih dapat menjaga keamanan dana dan data yang dikelola, serta mampu menjaga dan meningkatkan kepercayaan penggunanya.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh NZTE

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter