1. DScovery

Kebutuhan, Masalah, dan Kebebasan Finansial yang Harus Kamu Tahu

Finansial tidak hanya bicara uang saja, tetapi ada kebutuhan, masalah, hingga kebebasan finansial. Kamu harus tahu istilah berikut agar bisa mengelola finansial.

Finansial atau keuangan adalah satu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Baik orang tua atau anak muda mengetahui dasar finansial adalah sebuah keharusan, karena keuangan menjadi modal dasar untuk hidup. 

Namun, berbicara finansial tidak hanya tentang uang saja ada yang namanya dengan kebutuhan finansial, aspek finansial, bisnis finansial, hingga kebebasan finansial.

Semua aspek finansial ini harus kamu ketahui secara lengkap. Untuk itu, yuk, cari tahu serba-serbi finansial yang wajib kamu ketahui!

Kebutuhan Finansial

Kebutuhan finansial adalah segala kebutuhan keuangan yang digunakan untuk biaya hidup, ada banyak jenis kebutuhan finansial yang biasanya dimiliki oleh setiap orang, tergantung dengan jenis kebutuhannya. Kebutuhan finansial juga sama dengan jenis-jenis finansial.

Biasanya kebutuhan finansial terbagi menjadi:

1. Kebutuhan hidup sehari-hari

Kebutuhan hidup sehari-hari menjadi salah satu kebutuhan finansial yang harus dimiliki oleh setiap orang, kebutuhan sehari-hari bisa berupa untuk uang makan, uang transportasi, dan juga biaya belanja untuk kebutuhan hidup.

2. Kebutuhan pendidikan

Kebutuhan finansial pendidikan biasanya dimiliki oleh orang tua yang memiliki anak dan sedang atau ingin menempuh pendidikan, tetapi tidak jarang juga bagi kamu yang belum memiliki anak dan sedang menempuh pendidikan lanjutan membutuhkan kebutuhan pendidikan ini.

Biasanya kebutuhan pendidikan juga akan berjangka panjang.

3. Kebutuhan dana darurat

Tidak dipungkiri dalam hidup pasti akan mengalami kejadian yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, atau musibah. Nah, untuk itu dana darurat menjadi sebuah kebutuhan finansial paling penting harus kamu miliki.

Kebutuhan dana pensiun

Kebutuhan finansial yang terakhir adalah dana pensiun, untuk menikmati hari tua dengan finansial yang stabil, kamu harus merencanakan kebutuhan dana pensiun saat sedang masa bekerja.

Masalah Finansial

Selain kebutuhan finansial, pasti kamu juga pernah mengalami masalah finansial. Masalah finansial adalah sebuah masalah yang terjadi ketika mengelola keuangan. Jadi, apa saja, sih, masalah finansial yang biasanya terjadi.

Tidak bisa menabung

Salah satu masalah finansial yang sering dijumpai adalah tidak bisa menabung, biasanya hal ini juga terjadi ketika kamu baru memulai sebuah pekerjaan dan mendapatkan gaji, kemudian bingung bagaimana cara mengelola gaji kamu tersebut.

Namun, kamu jangan khawatir saat ini banyak aplikasi yang bisa mengelola keuangan juga. Sehingga kamu bisa belajar menabung untuk memenuhi kebutuhan finansial.

Menjadi investor dadakan

Investasi menjadi hal yang cukup ramai saat ini karena dengan adanya kemajuan teknologi membuat investasi digital, salah satunya dengantrading saham yang diburu oleh banyak orang termasuk kalangan muda yang tergiur dengan keuntungan yang cukup tinggi. Padahal untuk menjadi investor kamu harus mengetahui dasar investasi dan tidak gegabah.

Investasi juga memiliki risiko yang beragam, biasanya investasi yang memiliki keuntungan tinggi bisa juga dibarengi dengan risiko yang tinggi. Untuk melakukan investasi kamu harus menggunakan uang dingin atau uang yang tidak dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Gaji meningkat, gaya hidup juga naik

Biasanya masalah finansial ini membuat orang terlilit hutang jika tidak dikelola dengan baik, karena dengan merasakan gaji meningkat cenderung akan membuat kamu untuk membeli aset-aset dengan harga yang tinggi. Nyatanya, ini menjadi sebuah petaka masalah finansial apabila finansial yang kamu miliki tidak bisa menutup gaya hidup yang tinggi.

Tidak bisa mengelola finansial

Selain tidak bisa menabung, tidak bisa mengelola finansial juga merupakan masalah finansial yang yang cukup krusial, biasanya masalah tidak bisa menabung itu datang ketika kamu tidak bisa mengelola finansial dengan benar.

Untuk mengelola finansial, kamu perlu mengatur berapa budget yang dibutuhkan untuk kebutuhan selama sehari, seminggu, atau per bulan. Contohnya adalah dengan menetapkan berapa banyak uang makan yang harus dikeluarkan setiap harinya. Untuk itu kamu perlu mencatat keuangan di aplikasi financial planner agar lebih mudah.

7 Cara Mencapai Kebebasan finansial

Jika kamu bisa terhindar dari masalah finansial, maka kamu akan menyentuh apa yang disebut sebagai kebebasan finansial. Apa itu kebebasan finansial? Dikutip dari Orbello, kebebasan finansial adalah mengambil alih kepemilikan terhadap keuangan yang kita miliki. Artinya kamu bisa memiliki keuangan yang cukup stabil dan dapat diandalkan untuk  bertahan hidup. Nah, untuk mencapai kebebasan finansial juga ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

1. Mengetahui keadaan finansial kamu sendiri

Langkah pertama untuk menuju kebebasan finansial adalah kamu harus tahu keadaan finansial kamu saat ini. Contohnya adalah kamu bisa membuat assignment tentang keadaan finansial kamu sendiri.

Seperti mengetahui jumlah pendapatan dan perkiraan pendapatan di waktu yang akan datang, mengetahui apakah kamu memiliki hutang, dan mengidentifikasi apa yang kurang dari keadaan finansial kamu saat ini contohnya dana asuransi dan juga dana darurat apabila belum memiliki.

2. Membuat anggaran

Setelah mengetahui keadaan finansial kamu saat ini, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran setiap periode bisa per minggu, per dua minggu, atau perbulan. Dengan membuat anggaran ini kamu bisa mencegah pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

3. Membuat laporan keuangan

Setelah menentukan anggaran, kamu juga harus membuat laporan keuangan sendiri hal ini berguna untuk melihat kemana saja uang kamu masuk atau keluar. Sehingga, bisa dijadikan sebuah evaluasi untuk di bulan selanjutnya.

Ada banyak template laporan keuangan keluarga atau pribadi yang bisa kamu gunakan secara gratis di Microsoft Excel dengan mengunduhnya di sini.

4. Menghindari hutang

Salah satu penghambat kebebasan finansial adalah hutang. Maka dari itu, coba untuk membiasakan diri menghindari hutang dan segera bayar hutang agar tidak menambah beban finansial. Namun, apabila harus menghadapi kondisi untuk melakukan pinjaman dana, sebaiknya pilih pinjaman dengan bunga yang rendah.

5. Memisahkan dana darurat dan dana masa depan

Dana masa depan atau bisa juga dana pensiun harus dipisahkan agar kamu juga bisa mengelola keuangan dengan baik. Kamu bisa mulai dengan membuat rekening yang berbeda untuk setiap kebutuhan agar tidak tercampur.

6. Hidup hemat

Salah satu cara untuk menuju kebebasan finansial adalah dengan hidup hemat sesuai dengan pendapatan yang kamu miliki saat ini, dengan hidup hemat kamu juga memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi, hidup hemat bukan berarti harus hidup menderita, kamu hanya perlu mengeluarkan dana untuk sesuatu yang memang kamu butuhkan.

7. Investasi

Langkah terakhir untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan melakukan investasi, saat ini ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu lakukan seperti investasi saham, investasi properti, investasi emas, investasi kripto, hingga investasi reksadana.

Dengan melakukan investasi, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang, tetapi perlu diingat untuk selalu memilih investasi yang minim risiko dan sesuai dengan keadaan finansial kamu saat ini. Kamu juga bisa memilih investasi jangka panjang yang minim risiko untuk menuju kebebasan finansial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again