Categories

Berita

Kejora dan SBI Holdings Resmikan “Orbit Fund”, Siapkan 426 Miliar Rupiah untuk Startup Tahap Awal Indonesia

Tunjuk Billy Boen sebagai direktur; sasar startup di berbagai vertikal bisnis

Randi Eka - 3 June 2020

Hari ini (03/6) Kejora Capital dan SBI Holdings mengumumkan peluncuran Orbit Fund. Yakni sebuah joint venture berbentuk perusahaan modal ventura yang difokuskan untuk pendanaan startup tahap awal di Indonesia. Dalam debutnya, mereka berkomitmen untuk menggelontorkan dana US$30 juta atau setara 426 miliar Rupiah.

Dalam keterangan yang kami terima disampaikan, Orbit Fund akan melakukan first closing pada 30 Juni 2020 dengan para investornya dan segera menggelontorkan dana tersebut. Sejauh ini mereka mengklaim telah menerima komitmen yang kuat dari beragam investor, termasuk di dalamnya family offices, high net worth individuals (HNWI), korporasi dan investor institusional dari Indonesia, Jepang, Singapura, dan Eropa.

Adapun beberapa fokus sektor yang dituju adalah edutech, healthtech, consumer goods, agritech, fintech, dan online media. Pendanaan tahap awal yang dikucurkan berkisar US$200 ribu sampai US$3 juta.

Untuk operasionalnya, perusahaan menunjuk Billy Boen sebagai direktur. Sebelumnya ia dikenal sebagai seorang entrepreneur, juga aktif sebagai angel investor dan advisor untuk beberapa perusahaan di Indonesia. Selain Billy, kepemimpinan modal ventura juga akan dibantu Shunichi Keida. Turut diperkuat anggota tim yang terdiri dari Leon Hermann, Yudi Anugrah, dan Richie Wirjan.

“Orbit Fund hadir untuk startup Indonesia. Selain dukungan finansial, SBI Holdings dan Kejora memiliki pengalaman di lebih dari 25 negara lainnya, dan sumber daya serta insights lokal maupun regional untuk membangun startup teknologi di Indonesia. Dengan dukungan dari venture capital yang berpengalaman, kami percaya bahwa Orbit mampu menghasilkan dan membangun generasi startup yang makin kuat,” sambut Billy.

Sementara itu, Yoshitaka Kitao selaku Presiden & CEO SBI Holdings mengatakan “SBI Holdings sangat bangga mengumumkan kerja sama ini, mengingat sudah lebih dari 3 tahun kami membina hubungan dengan Kejora sejak co-investment pertama kami. SBI Holdings percaya bahwa akan banyak bermunculan inovasi teknologi di Indonesia, dan Orbit Fund adalah pembaharuan komitmen kami untuk mempercepat pertumbuhan sektor teknologi di Indonesia.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter