Categories

Berita

Kejora Resmi Diumumkan Sebagai Fasilitas Co-Working untuk Startup

Amir Karimuddin - 18 March 2014

Bertempat di Wisma Barito Pacific Gedung B Lantai 9, Jalan Letjen S. Parman Kav 62-63 Slipi Jakarta, penggunaan Kejora sebagai fasilitas co-working untuk startup resmi diumumkan. Berasal dari istilah morning star atau Venus, Andy Zain sebagai penggagas Kejora mengharapkan tempat ini co-working space bagi elite startup. Istilah "elite startup" ditujukan bagi startup yang digarap serius oleh para pendirinya, termasuk untuk berkembang dan memiliki model bisnis yang bagus.

Andy Zain menyebutkan fasilitas ini terbuka untuk umum dengan setidaknya tiga cara bagi sebuah startup bisa berlokasi di Kejora. Cara pertama adalah bergabung dengan Jakarta Founder Institute. Langkah ini biasa ditujukan bagi mereka yang baru masuk ke dunia startup dan ingin serius di dalamnya. Cara kedua adalah melalui inkubasi startup Ideabox yang didukung oleh Indosat. Startup yang masuk ke Ideabox biasanya sudah mulai digarap serius tapi masih membutuhkan traction untuk  bisa berkembang.

Cara terakhir adalah melalui perolehan investasi yang diberikan oleh Mountain SEA Ventures. Dengan pendanaan minimal $500 ribu, startup yang mendapatkan pendanaan ini tentu saja sudah memiliki infrastruktur yang matang dan memperlukan pendanaan tersebut agar terus berkembang. Di luar tiga cara tersebut, tersedia langkah lain untuk penggunaan Kejora, yaitu kerja sama dengan pihak ketiga, misalnya startup yang digarap oleh GEPI ataupun lembaga mentorship yang lain.

Andy Zain mengatakan bahwa saat ini investor memasuki dunia startup di Indonesia sudah cukup banyak, tapi belum banyak yang memfasilitasi berdiri dan berkembangnya banyak startup, terutama dalam bentuk inkubasi. Lama durasi startup berada di Kejora rata-rata adalah empat bulan dan setelah itu mereka diharapkan siap untuk mandiri setelah memperoleh traction dan dukungan yang lain (termasuk pendanaan).

Selain Indosat, pembuat inkubator lain di antaranya adalah Telkom dengan Indigo Incubator (Bandung Digital Valley dan Jogja Digital Valley), Grup Djarum dengan Merah Putih Incubator, dan Grup Kompas Gramedia melalui Skystar Ventures.

Saat ini ada lima startup yang menjadi residen di Kejora, yaitu Shoop, Dealoka, Ngomik, Unyu, dan CekAja. Empat startup yang pertama adalah peserta inkubasi Ideabox, sedangkan CekAja merupakan perusahaan yang memperoleh investasi dari Mountain SEA Ventures. Startup yang merupakan peserta inkubasi Ideabox akan diluncurkan sekitar pertengahan atau akhir April, sementara CekAja bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter