Categories

Feature

3 Kemampuan Teknologi Paling Dicari di Tahun 2021

Persiapkan diri hadapi persaingan dengan pelajari berbagai keahlian baru secara online

JuLi Andrian - 20 November 2020

Adaptasi teknologi dalam bisnis di berbagai industri membawa dampak yang luar biasa, terutama bagi dunia kerja. Banyak pekerjaan yang sebelumnya perlu dilakukan secara manual, kini dapat diautomasi dengan teknologi. Hal ini mengakibatkan hilangnya berbagai jenis pekerjaan, terutama yang sifatnya konvensional. Namun, adopsi teknologi sesungguhnya bukan ancaman, namun justru kesempatan. Sebab, di balik hilangnya pekerjaan manual, muncul pula berbagai pekerjaan baru di bidang teknologi digital yang justru semakin dicari oleh perusahaan.

Percepatan adaptasi teknologi dan automasi hanya akan menjadi ancaman bagi para individu yang tidak siap. Padahal, era teknologi pasti datang, entah kita suka atau tidak. Langkah yang paling tepat untuk menghadapi persaingan di era teknologi adalah membekali diri dengan berbagai kemampuan yang juga berhubungan dengan teknologi. Dengan kemampuan yang tepat dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan, tentu kita dapat tetap bertahan dan memiliki kesempatan besar untuk bekerja.

Lalu, kemampuan teknologi seperti apa yang paling dicari di masa depan? Berikut beberapa di antaranya.

Cloud Computing

Transformasi digital menjadi jargon yang semakin sering digunakan oleh para pelaku bisnis di berbagai industri. Apalagi dengan terjadinya pandemi Covid-19 yang berlangsung secara global, percepatan transformasi digital untuk bisnis konvensional bukan hanya sekedar jargon, melainkan kebutuhan untuk dapat beradaptasi dengan situasi yang tidak memungkinkan jika hanya mengandalkan cara-cara lama untuk menjalankan operasional bisnis.

Salah satu bagian dari langkah transformasi digital adalah penggunaan cloud computing atau komputasi awan. Cloud computing menawarkan banyak keuntungan, terutama dari sisi efisiensi, efektivitas, dan fleksibilitas. Mulai dari biaya yang lebih terjangkau, enkripsi dan keamanan yang dapat diandalkan, kapasitas server yang tak terbatas, hingga integrasi dengan berbagai layanan cloud lainnya.

Memiliki kemampuan di bidang cloud computing akan membuka banyak kesempatan. Apalagi jika kamu juga memiliki sertifikasi seperti AWS Certification yang mampu memberikan nilai tambah bagi perkembangan karir kamu. Coba pelajari berbagai kursus online mengenai cloud computing dan persiapan ujian sertifikasi AWS berikut.

Cyber Security

Cyber security atau keamanan siber merupakan salah satu kemampuan teknologi yang banyak dicari, terutama di Indonesia. Menurut laporan 2020 State of Malware Report yang diterbitkan oleh Malwarebyte Labs, Indonesia merupakan lokasi dengan ancaman kasus kejahatan dunia maya tertinggi di wilayah Asia Pasifik.

Keamanan data perusahaan, terutama data pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Kebocoran dan kehilangan data tidak hanya merugikan perusahaan dari segi operasional saja, tetapi juga dapat mempengaruhi reputasi dan kepercayaan pelanggan, sehingga banyak perusahaan menginvestasikan dana yang cukup besar untuk hal keamanan siber, baik dari segi infrastruktur maupun tenaga kerja.

Bagi kamu yang ingin mulai membekali diri dengan ilmu dan kemampuan di bidang cyber security, silakan mulai mencoba mengikuti kursus-kursus online berikut.

Data Science

Data merupakan hal yang begitu bernilai dalam menyusun langkah strategis sebuah bisnis. Bahkan saking berharganya, data dianggap sebagai “new currency” atau mata uang baru. Namun data yang berguna dan berharga bukanlah data mentah, melainkan data yang telah diolah dan menghasilkan pengetahuan dan wawasan yang bernilai dan dapat diaplikasikan untuk menyusun strategi bisnis.

Peran seorang data scientist adalah melakukan proses pengolahan data, dengan mengubah sejumlah besar data yang acak dan tidak terstruktur, sehingga menjadi informasi lengkap dan sistematis, serta dibutuhkan untuk kebutuhan analisis yang spesifik. Proses ini memerlukan keahlian dan dasar ilmu khusus, terutama di bidang matematika, statistik, dan pemrograman.

Mempelajari data science dapat menjadi bekal kamu untuk menghadapi persaingan dunia kerja di masa yang akan datang. Bagi kamu yang ingin mempelajarinya mulai saat ini, silakan mencoba berbagai kursus online berikut.

Tantangan dunia profesional di masa depan memang semakin menantang. Namun kita dapat memenangkan persaingan dengan meningkatkan kemampuan dan mempelajari berbagai hal baru. Namun di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, kegiatan dan aktivitas di luar rumah sangat dibatasi. Maka, mengikuti kursus secara online merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kamu. Salah satunya lewat Udemy.

Udemy merupakan marketplace global untuk belajar dan mengajar online dengan pengguna lebih dari 35 juta orang yang telah mengikuti lebih dari 130.000 kursus dalam 65 bahasa lebih. Udemy hadir di Indonesia sejak 2019 dengan pelokalan fitur dan navigasi platform, penggunaan mata uang Rupiah, serta penambahan metode pembayaran.

Saat ini juga sudah ada lebih dari 500 kursus dalam bahasa Indonesia yang disampaikan oleh instruktur lokal. Kamu dapat mempelajari berbagai keterampilan, mulai dari programming, bisnis, marketing, personal development, sampai dengan hobi, yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Udemy menawarkan promo khusus Black Friday yang akan dilaksanakan pada 20 – 27 November 2020. Lewat penawaran khusus ini, kamu bisa mengikuti berbagai kursus dengan harga hanya Rp 149.000,- saja. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuan kamu dengan harga lebih terjangkau. Daftarkan diri kamu segera di www.udemy.com

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Udemy

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter