1. Startup

Kemdikbud Dukung Optimasi Kegiatan Belajar Mengajar di Hackathon EduCode

Akan menggelar meetup untuk menyosialisasikan acara puncak hackathon EduCode

Sektor pendidikan diakui sangat terbuka dalam pengadopsian teknologi untuk mendorong kualitas belajar-mengajar. Hal ini dipaparkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam kesempatan eksklusif dengan tim kami. Beliau mengidamkan aplikasi yang matang dari para peserta hackathon EduCode yang akan terselenggara nanti.

“Secara prinsip, ruangnya terbuka. Yang dibutuhkan adalah kehadiran teknologi untuk membuat kualitas pembelajaran meningkat. Bukan semata-mata ada teknologi yang lebih canggih tetapi proses belajar-mengajar sama saja,” kata Mendikbud Anies Baswedan.

Seperti yang telah kami kabarkan sebelumnya, pendidikan menjadi sektor yang belum merasakan pemanfaatan teknologi digital secara maksimal di Indonesia. Padahal hal tersebut mampu diperdayakan sebagai tools dan enabler untuk membangun edukasi yang lebih efektif.

Memahami betapa krusialnya potensi yang bisa diraih, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Pendidikan, yang berdiri langsung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), akan menggelar ajang kreasi penciptaan aplikasi dalam program EduCode bekerja sama dengan DailySocial.

Sebelum masuk ke perhelatan utama, pihak penyelenggara akan memberikan bekal yang bisa dikantongi oleh peserta, terutama dari aspek pembelajaran yang menjadi salah satu perhatian Anies Baswedan. Hadirnya teknologi seharusnya bisa mendorong kualitas pembelajaran meningkat secara signifikan.

“Jangan sampai seperti dahulu ketika kita pindah dari mesin ketik ke komputer, banyak yang masih menggunakan komputer untuk fungsi mesin ketik. Kelihatannya teknologi sudah hadir tapi sebenarnya ia tak mengubah banyak,” ucapnya.

Bekal yang dimaksud akan dikemas dalam satu agenda acara tersendiri yang membahas tentang tujuan dan target pencapaian hackathon EduCode. Dalam pertemuan yang rencananya akan diadakan pada tanggal 3 Desember ini bisa dimaanfaatkan sebagai ajang berbagi ide dan networking oleh para peserta.

Kami akan menyediakan materi mendetil yang menjadi acuan pembangunan aplikasi dari pembicara yang hadir. Untuk mengikuti meetup ini, silakan daftarkan diri Anda di tautan berikut.

Hackathon EduCode akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Desember 2015. Anda bisa melihat informasi detil dan mendaftarkan tim Anda di halaman berikut ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again