1. Startup

Kemendag Gandeng MatahariMall untuk Program Pemberdayaan UKM

Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing UKM dan membantu UKM mengembangkan bisnisnya

Langkah strategis diambil pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam upayanya meningkatkan pemberdayaan UKM. Hari ini Kemendag resmi menjalin kerja sama dengan MatahariMall dalam program pemberdayaan bagi pelaku UKM yang dinamai UKM Super. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi bisnis yang dimiliki UKM ke ranah digital.

Di tahun 2016 silam diperkirakan jumlah UKM di Indonesia mencapai 55,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) mencapai 57,9 persen. Kerja sama antara Kemendag dan MatahariMall ini rencananya akan dikemas dalam sebuah pembekalan teknis dan pendampingan dalam rangka penguatan produk untuk meningkatkan daya saing dan optimalisasi penasaran.

“Selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UKM juga memiliki kontribusi yang penting dalam mengatasi permasalahan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, kami membuat sebuah program strategis untuk mengembangkan dan memperkuat seluruh potensi UKM. Kami melihat bahwa MatahariMall.com tak hanya berfokus pada penjualan online, namun juga berkontribusi mengadakan pendampingan dan edukasi kepada UKM yang telah bergabung," ungkap Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Menanggapi kerja sama ini, CEO MatahariMall Hadi Wenas menjelaskan bahwa dari awal pihaknya sangat mengerti betapa pentingnya peran UKM di dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pihaknya juga percaya bahwa teknologi bisa mempercepat kontribusi positif tersebut.

“Semoga dengan diresmikannya perjanjian kerja sama hari ini, MatahariMall dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan UKM yang terlibat di dalam program pemberdayaan ini, dan kami juga berharap akan ada lebih banyak kerja sama dengan pemerintah untuk terus mengoptimalkan potensi UKM di Indonesia,” jelasnya.

Dari keterangan yang kami terima, salah satu alasan Kemendag menggandeng MatahariMall adalah keaktifan MatahariMall membimbing UKM. Disebutkan MatahariMall kerap aktif menggandeng para pelaku UKM di Indonesia dengan pelatihan bisnis online untuk meningkatkan daya saing. MatahariMall sendiri memiliki program Jual Online Aja yang menggandeng UKM.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again