1. Startup

Kemitraan Tokopedia dan GrabParcel Hadirkan Opsi Pengiriman Barang Sehari Sampai

Layanan hanya tersedia di Jadetabek, tersedia pula pilihan paket pengantaran "next day service"

Bertujuan untuk memberikan pilihan pengantaran barang lebih mudah dan cepat, layanan online marketplace Tokopedia menjalin kemitraan strategis dengan Grab. Untuk semua penjual dan pembeli layanan Tokopedia, kini bisa memilih pengantaran barang dalam hari yang sama atau same day service dengan menggunakan GrabParcel baru tersedia hanya di Jakarta.

Selain same day service, GrabParcel juga menyediakan next day service. Untuk layanan tersebut selama bulan April 2017 ini bisa dinikmati dengan harga Rp 2.500 per kilogram, dan hanya berlaku di kawasan Jadetabek.

“Kehadiran GrabParcel tentu akan semakin memudahkan pengguna kami, baik penjual maupun pembeli,” kata Chief of Staff Tokopedia Melissa Siska Juminto.

Kini penjual tidak perlu repot-repot lagi mengantar paket ke agen pengiriman karena kurir GrabParcel bisa langsung datang ke rumah atau toko penjual yang bersangkutan. Kerja sama ini diklaim merupakan terobosan yang efektif untuk para penjual online yang sangat mengutamakan kecepatan pengiriman.

Terkait dengan batas waktu atau kontrak yang dijalin, tidak disebutkan secara pasti kapan kemitraan Tokopedia dan GrabParcel akan berakhir. Untuk saat ini dan selanjutnya, kedua belah pihak tetap fokus untuk memberikan kemudahan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap kemudahan ini mendorong lebih banyak lagi peluang dan kepercayaan masyarakat Indonesia yang lahir, dimulai dari Tokopedia,” kata Melissa.

Inisiatif Grab membantu pelaku UKM dan entrepreneur lokal

Saat ini pilihan pengantaran Tokopedia dengan menggunakan GrabParcel sudah bisa dinikmati oleh pengguna Tokopedia. Untuk selanjutnya pihak Grab tidak menutup kemungkinan, akan dilancarkan pula kerja sama lainnya dengan Tokopedia, untuk mendukung para pelaku UKM dan entrepreneur di Indonesia, sesuai dengan rencana dan inisiatif Grab untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

"Melalui kerja sama dengan Tokopedia, Grab berharap dapat berkontribusi pada program pencapaian target Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 dengan memberikan kemudahan kepada para pebisnis online dalam proses pengiriman barang melalui layanan GrabParcel ini,” kata Marketing Director, Grab Indonesia Mediko Azwar.

Sebagai upaya untuk memperdalam jangkauan pasar di Indonesia, sebelumnya Grab dikabarkan telah melakukan akuisisi terhadap Kudo, startup lokal yang memfokuskan pada pengembangan layanan assistive e-commerce. Nilainya berkisar $100 juta atau setara dengan Rp1.3 triliun.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again