1. Entrepreneur

Amartha Resmi Jalin Kemitraan dengan Nobu Bank, Salurkan Modal Usaha 100 Miliar Rupiah

Amartha dan Nobu Bank Resmi Kolaborasi Salurkan Modal Usaha Ultra Mikro sebesar 100 Miliar Rupiah untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) resmi menjalin kolaborasi dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank). Kerja sama tersebut untuk mendukung permodalan para pelaku usaha ultra mikro di pedesaan di berbagai lokasi di Indonesia. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan pada tanggal 27 Juli 2023, di kantor Nobu Bank, Gajah Mada Tower, Jakarta Pusat.

Amartha dan Nobu Bank berkomitmen untuk turut mempercepat penyediaan modal usaha produktif bagi lebih dari 30.000 mitra binaan Amartha. Mitra tersebut terdiri dari berbagai sektor, terutama di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Komitmen tahap awal permodalan mencapai 100 miliar rupiah.

Di balik Kolaborasi Amartha dan Nobu Bank

Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, menekankan pentingnya akselerasi modal usaha produktif bagi UMKM di Indonesia. Menurutnya, akselerasi modal bagi UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional itu tidak dapat dicapai oleh Amartha sendiri.

"Amartha menyambut baik kolaborasi sinergis dengan Nobu Bank yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri keuangan serta memiliki kesamaan visi-misi dalam mendukung segmen UMKM dan ultra mikro yang merupakan penopang perekonomian nasional yang menjadi fondasi dari langkah kolaborasi ini. Semoga kolaborasi ini dapat secara langsung memberikan dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup pelaku UMKM sehingga bisa menimbulkan efek domino yang signifikan bagi keluarga serta komunitasnya," ujar Julie.

Di sisi lain, Nobu Bank memilih Amartha sebagai mitra kolaborasi karena keduanya memiliki konsep bisnis dan visi misi yang sejalan. Keduanya berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dengan memprioritaskan layanan untuk bisnis UMKM.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Nobu Bank, Andrian Meirawan Saputra, menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama dengan Amartha adalah wujud komitmen Nobu Bank dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

"Kami melihat semangat dan komitmen yang sama dari Amartha yang selama ini secara konsisten memberikan pendampingan dan dukungan permodalan bagi UMKM, khususnya pelaku usaha ultra mikro," ungkap Andrian.

Lebih lanjut, Andrian menambahkan bahwa kerja sama kolaboratif ini juga menjadi salah satu tonggak penting bagi Nobu Bank. Pasalnya, Nobu Bank kini tengah fokus mengembangkan segmen kredit mikro, selain segmen konsumer dan UKM yang telah menjadi kompetensi utamanya.

Bertepatan dengan hari jadinya yang ke-13, Amartha mencatat performa total penyaluran modal usaha produktif mereka yang mengalami peningkatan. Hingga akhir kuartal I tahun 2023 terjadi peningkatan dua kali lipat di Pulau Sumatra, Jawa, dan Sulawesi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Komitmen Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Lokal

Diketahui hingga saat ini, Amartha telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 30 institusi di sektor keuangan. Beberapa diantaranya; PT Bank Permata Tbk (BNLI), BPR BJA, Flip, BCA Digital, dan berbagai mitra lainnya. Sebelumnya, Amartha juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pelaksanaan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM.

Tidak hanya melalui modal kerja, Amartha juga mendukung UMKM dengan literasi keuangan dan digital. Hal tersebut menunjukkan konsistensi Amartha dalam mendukung UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar

" Amartha terbuka terhadap setiap peluang kolaborasi dengan berbagai institusi dalam memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi para pelaku UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Lewat kolaborasi yang terus digalakkan ini, Amartha optimis mampu mengakselerasi pertumbuhan kredit produktif dan memperluas inklusi keuangan secara merata," tutup Julie.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again