StartupBerita

Kerja Sama Strategis Elevenia dan JNE Idamkan Ekosistem E-Commerce Yang Lebih Baik

Mendorong penetrasi e-commerce nasional dengan mengedukasi pasar secara berkelanjutan

Memasuki tahun kedua kemitraan elevenia dan JNE, kedua belah pihak melanjutkan komitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik guna mendorong ekosistem e-commerce yang lebih baik ketimbang kondisi saat ini. CEO elevenia James Lee berharap penetrasi e-commerce Indonesia yang masih 1% ini untuk bisa segera menyusul Korea Selatan dalam waktu dekat.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mendukung elevenia dalam dunia e-commerce guna memberikan jasa terbaik untuk seluruh Indonesia. Dukungan juga turut dalam sisi teknologi yang memberikan prioritas tracking pengiriman barang, juga jaringan ke kota ketiga dan keempat di seluruh Indonesia,” ucap CEO JNE Abdul Rahim Tahir yang juga hadir dalam kesempatan yang sama hari ini (18/11).

Keduanya senada dalam memaparkan kendala yang sejauh ini muncul dalam prosesnya yakni edukasi perihal belanja online dan sistem pengiriman yang telah terintegrasi merupakan sebuah investasi yang harus terus berkelanjutan. Marketplace, payment, dan logistik adalah satu kesatuan yang harus terus selaras untuk merealisasikan ekosistem e-commerce yang ideal.

“Kami percaya, dengan kemitraan yang terjalin di tahun depan, bisa leibh meningkatkan awareness elevenia dan menguntungkan kedua belah pihak, bukan hanya elevenia dan JNE, namun juga para penjual dan pembeli yang sudah setia pada elevenia,” kata James.

Dongkrak penetrasi e-commerce nasional

Penetrasi yang cenderung rendah menjadi perhatian James. Di negara asalnya, Korea Selatan, penetrasi e-commerce hingga 14% besarnya. Ia menargetkan setidaknya Indonesia mampu melampaui negara tersebut dalam tiga tahun ke depan. Skema tersebut tentu harus dibarengi dengan terus mengedukasi penjual dan pembeli secara berkelanjutan untuk tumbuh bersama merealisasikannya.

JNE yang dikabarkan telah mengirimkan 60% dari total pemesanan di elevenia memproyeksikan akan menambahkan sekitar 500 titik distribusi lagi dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini pihaknya memiliki 5000 titik yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, menjadikan pihaknya sebagai market leader di industri logistik.

Sebagai langkah pemerataan akses distribusi, elevenia menerapkan sistem pengiriman barang gratis untuk wilayah Yogyakarta dan Surabaya. Harapannya adalah agar tidak membebani penjual dan pembeli permasalahan ongkos yang cenderung lebih mahal. Berawal di dua kota tersebut, elevenia membuka peluang untuk mengimplementasikan metode ini di kota lain, termasuk di luar Pulau Jawa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again