1. Lifestyle

Kerusakan Sistem Sony PlayStation 4 di Hari Peluncurannya

Tidak ada gading yang tak retak, begitulah pepatah ini sering diucapkan. Sony telah menghabiskan ribuan jam dan biaya yang tidak sedikit agar peluncuran PlayStation 4 berjalan mulus.

Sayangnya mereka pun tidak luput dari ketidaksempurnaan, salah satu konsumen pertama PS4 mengaku bahwa ia sama sekali belum bisa menikmati console miliknya karena kerusakan sistem yang 'menginfeksi' platform game baru ini.

Dilaporkan oleh IGN, seorang pengguna Reddit ber-username Arogon (umur 23 tahun, berasal dari Maryland, Amerika Serikat) adalah orang yang pertama kali mendapati masalah ini. Ia merupakan pemenang program promosi kerjasama Taco Bell dengan Sony, 'Play the Future First'. Seperti nama program ini, seharusnya ia menjadi orang yang pertama kali menjajal kecanggihan PlayStation 4 sebelum peluncuran di hari Jumat. Saat mendapatkan unit ini, ia dengan tidak sabar langsung menyambungkannya ke TV via kabel HDMI. Namun ketika ia nyalakan, console sama sekali tidak mengirimkan sinyal. Lampu yang seharusnya menyala berwarna putih malah hanya 'berdenyut' dengan warna biru.

Arogon mengikuti petunjuk yang tertulis pada packaging: 'Jangan kembalikan ke toko' dan langsung menghubungi layanan Sony PlayStation. IGN berhasil mengkontak user Reddit ini dan menyarankannya untuk menghubungi perusahaan pemberi hadiah, Prizelogic, tetapi Arogon mengaku bahwa sebelumnya ia telah memenangkan hadiah dari mereka namun merasa jera dengan pelayanan mereka yang kurang begitu baik.

Layanan konsumen dari Sony menyuruhnya menunggu hingga hari Jumat, namun Arogon tidak mau menyerah begitu saja. Ia menelpon Sony kembali dan kali ini sang CS lebih 'bersahabat'. Sayangnya telepon terputus dan saat ia menghubungi mereka, Arogon kembali diminta menunggu hingga hari Jumat.

Saat ia merasa putus asa, ia dihubungi tim sosial media Sony PlayStation. Sayangnya sang supervisor mengaku bahwa tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk saat ini. Ternyata, masalah ini juga dilaporkan ke bagian internal Sony dan membuat mereka 'siaga satu'.

Sang representatif Sony menghubungi kembali Arogon, kemudian mengirim paket kilat berisi packaging kosong. Untuk apa? Agar Arogon bisa mengirimkan kembali unit rusak ini untuk diperbaiki. Berita terburuknya adalah ia harus menunggu sekitar lima hingga enam hari.

Berkat berita ini, Shuhei Yoshida, presiden Sony Computer Entertainment mengeluarkan sebuah Tweet: "Yakinlah bahwa kami sedang berusaha sebaik-baiknya menginvestigasi masalah ini. Kami yakin bahwa skala kerusakannya cukup kecil dan terpisah." Itu berarti hanya sebagian kecil pemilik PlayStation 4 yang menghadapi masalah ini, tetapi tetap saja mereka adalah konsumen yang harus dilayani dengan baik.

Akhirnya representatif Sony lain menghubungi IGN sembari memberikan sebuah pernyataan:

"Beberapa orang telah melaporkan bahwa sistem PlayStation 4 mereka bermasalah. Hal ini masuk dalam perkiraan kami sebelumnya saat meluncurkan sebuah produk baru, dan mayoritas umpan balik dari konsumen lain benar-benar positif. Kami akan mengawasi seksama laporan-laporan lain, tetapi kami pikir kerusakan ini hanya dialami sebagian kecil konsumen dan tidak menodai acara peluncuran PlayStation 4."

"Dari data laporan yang kami dapatkan, kami percaya kerusakan sistem tidak ada di mayoritas unit lain. Hanya sekitar 0,4% konsumen menghadapi masalah ini, yang mana masuk dalam prakiraan kami sebelumnya."

Tim IGN adalah satu dari gamer pertama PlayStation 4 yang juga kebetulan terkena masalah ini. Anda ingat penyakit Red Ring of Death yang menghantui pemilik Xbox 360? Persentase kerusakan sistem PS4 jauh lebih kecil jika dibandingkan dengannya.

Namun, kira-kira nama apa yang akan diberikan untuk 'penyakit' ini? The Pulsing Blue Light of Doom? Kemudian bagaimana jika unit rusak ini adalah PlayStation 4 yang Anda impor jauh-jauh dari luar negeri?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again