Categories

Gadget

Kesan Memotret Menggunakan Quad Camera realme 5 di Sumba

Kemampuan kameranya setingkat di bawah realme 5 Pro, tapi masih menyuguhkan lensa wide angle dan macro

Lukman Azis - 27 September 2019

Pada tanggal 23 - 25 September kemarin, realme mengadakan trip bertajuk “realme Quad Camera Media Experience" ke Sumba Timur. Acaranya sangat seru, ada tujuh destinasi atau lebih yang dikunjungi. Berburu sunset di pantai Walakiri dan di bukit Wairiding, hingga mengejar sunrise di savana Puru Kambera.

Para awak media yang berpartisipasi ditantang untuk mengabadikan keindahan alam Sumba Timur dengan menggunakan quad camera pada smartphone terbaru realme. Hasil bidikan dan tips memotret menggunakan realme 5 Pro saat traveling ke Sumba bisa di lihat pada tautan ini.

Menurut saya, empat kamera belakang kepunyaan realme 5 Pro memang sangat ideal untuk diajak traveling. Kamera utamanya 48MP, lengkap dengan 8MP berlensa wide-angle yang cocok untuk memotret foto landscape, lalu dua lainnya masing-masing 2MP dengan lensa macro dan sebagai depth sensor untuk mencakup banyak skenario pemotretan.

Lalu, bagaimana pengalaman dan kesan memotret menggunakan realme 5? Mari kita lihat susunan kameranya, Realme 5 memiliki kamera utama 12MP (f/1.8), 8MP dengan lensa ultra-wide, 2MP dengan lensa macro, dan 2MP sebagai depth sensor.

Saat memotret foto landscape di bukit Persaudaraan Mauliru dengan kondisi cahaya yang berlimpah, hasil foto realme 5 terbilang cukup mengesankan - bisa mengikuti realme 5 Pro pada mode foto 12MP. Pun demikian pada mode ultra-wide yang tak hanya mampu mencakup lebih banyak area tapi juga perspektif yang berbeda.

Kemudian saat mengejar sunrise di savana Purukambera pada hari ketiga, perbedaan kualitasnya baru terasa - utamanya saat dalam kondisi cahaya lebih rendah. Sebab meskipun aperture-nya sama-sama f1.8, namun pada mode foto 12MP kamera realme 5 Pro memiliki ukuran per piksel 1.6µm. Sementara, realme 5 punya ukuran per piksel 1.25µm.

Selain itu, kelemahan lain pada realme 5 ialah layarnya. Resolusinya masih sebatas 720x1600 piksel dengan tingkat kerapatan 269 ppi. Saat di bawah terik matahari, saya kesulitan menyusun komposisi foto karena layarnya sukar untuk dilihat.

Berikut hasil jepretan dari kamera realme 5:

Bisa dimaklumi, mengingat harga realme 5 dipatok lebih murah. Ada tiga varian yaitu 3GB + 32GB dengan harga Rp1.999.000, 3GB+64GB seharga Rp2.199.000, dan 4GB+128GB dibanderol Rp2.699.000. Sementara, realme 5 Pro tersedia dalam 2 varian yaitu 4GB+128GB dengan harga Rp2.999.000 dan 8GB+128GB dibanderol Rp3.699.000.

Bila Anda mencari smartphone quad camera dengan kualitas yang lebih mumpuni, realme 5 Pro memang lebih direkomendasikan. Kecuali bila budget Anda mepet, realme 5 juga bisa menjadi pilihan alternatif.

Segitu saja, kesan mencoba kamera realme 5 di Sumba. Hampir 70 persen saya lebih memilih memotret dengan realme 5 Pro karena memang hasilnya lebih menjanjikan. Saya akan me-review realme 5 ini lebih lanjut dan video unboxing-nya bisa Anda di bawah ini.

[embed]https://youtu.be/qEP6QtDkehE[/embed]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter