1. Startup

Ketahui Risiko Ini Sebelum Membeli Bitcoin

Jeli sebelum membeli, untuk bisa meraup hasil optimal

Artikel ini adalah bagian dari seri edukasi Bitcoin oleh Luno (sebelumnya BitX) Indonesia.

Dalam seri edukasi Bitcoin sebelumnya, kami telah menjelaskan mengenai apa itu Bitcoin dan berbagai cara untuk mendapatkan Bitcoin. Anda juga dapat membaca mengenai strategi mudah investasi Bitcoin. Pembahasan kali ini akan mencakup risiko yang meliputi teknologi baru ini, Bitcoin.

Bitcoin adalah teknologi yang menarik dan juga merupakan bentuk uang baru yang merevolusi dunia keuangan saat ini. Akan tetapi, hal ini tidak berarti Bitcoin terlepas dari risiko-risiko yang meliputinya.

Risiko Bitcoin yang sama seperti risiko menyimpan uang

Perlu diingat bahwa sebenarnya Bitcoin masih memiliki beberapa sifat dan aturan yang sama seperti uang pada umumnya. Contohnya, tetap ada risiko kehilangan ketika Anda menyimpan uang. Seperti yang kita tahu, kita harus berhati-hati dalam menyimpan uang. Jangan pernah menyimpan uang tunai Anda di bawah bantal atau di sembarang tempat karena rentan dicuri.

Selain itu, jangan terlalu mudah mempercayakan uang Anda ke orang asing yang tidak dikenal, dan senantiasa mencari tempat yang kredibel untuk menyimpan uang Anda. Semua hal tersebut berlaku juga ketika Anda menyimpan Bitcoin. Jika Anda tidak mengaktifkan otentikasi dua faktor dan menggunakan password yang kuat untuk akun dompet Bitcoin Anda, Anda akan lebih rentan terhadap hacker yang berpotensi mencuri Bitcoin Anda.

[Baca: Memastikan Keamanan Bitcoin Anda]

Fluktuasi harga yang ekstrim

Bitcoin juga memiliki risiko unik lainnya: Bitcoin adalah teknologi baru, dan walaupun Bitcoin sangat aman dan solid, selalu ada kemungkinan terjadinya kegagalan pada teknologi ini. Walaupun harga Bitcoin kini cenderung stabil dibandingkan awal perkembangan Bitcoin, penting untuk dicatat bahwa Anda tidak disarankan untuk memasukkan ‘semua telur Anda di satu keranjang’. Artinya, jangan pernah menghabiskan semua harta Anda hanya untuk Bitcoin.

Nilai Bitcoin bersifat lebih fluktuatif (nilai Bitcoin bisa naik dan turun dalam tempat atau waktu yang pendek) dibandingkan mata uang lainnya, dan harga Bitcoin dipastikan akan mengalami banyak momen-momen naik turun di masa yang akan datang.

Setelah kirim Bitcoin, transaksi tidak dapat dibatalkan

Ingat bahwa transaksi Bitcoin mirip seperti uang tunai di mana transaksi tidak dapat dibatalkan - jadi jika Anda mengirimkan Bitcoin ke orang atau alamat yang salah, maka transaksi tidak dapat dibalikkan ke Anda. Selain itu, jika dompet Bitcoin Anda diretas dan seseorang mencuri Bitcoin Anda dan mengirimkannya ke dompet Bitcoin lain, sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk mengambilnya kembali.

Bitcoin juga tidak dilindungi oleh entitas apapun, sehingga jika Anda kehilangan Bitcoin Anda, maka penyedia layanan atau ‘jaringan Bitcoin’ tidak dapat mengganti kerugian Anda. Itulah mengapa Anda harus menggunakan produk dan penyedia layanan yang terpercaya untuk membantu Anda, sama seperti ketika Anda memilih bank untuk menjaga uang Anda dengan aman. Selain itu, pastikan Anda mengirim Bitcoin hanya kepada penerima yang tepat.

Masa depan Bitcoin

Terakhir, nilai Bitcoin ditentukan oleh sejumlah orang atau bisnis yang menerima Bitcoin. Jika Bitcoin berkembang, hal ini akan berbuah manis untuk Bitcoin, namun jika semakin sedikit orang menggunakan Bitcoin, maka hal ini akan memberikan dampak negatif pada harga dan penggunaan Bitcoin itu sendiri.

Kesimpulannya, Bitcoin adalah suatu potensi besar yang sangat menarik untuk mengubah dunia, namun pastikan Anda mengerti risiko yang ada seiring dengan itu, dan lakukan langkah-langkah pencegahan ketika Anda melakukan transaksi Bitcoin.

Sebelumnya dikenal dengan nama BitX, Luno adalah platform jual, beli, kirim, terima, dan simpan Bitcoin di Indonesia. Luno tersedia di website, iOS, dan Android.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again