1. Lifestyle

Ketertarikan Konsumen Pada Nintendo Wii U Meningkat Drastis Setelah Ajang E3 2014

Walaupun Sony dan Microsoft masih merajai pasar console modern, Nintendo tampak tidak gentar dalam menghadapi para rivalnya itu. Mereka memanfaatkan ajang E3 2014 semaksimal mungkin, dan boleh dibilang Nintendo berhasil melangsungkan acara dan presentasi yang jauh lebih baik dibandingkan publisher serta produsen hardware lain.

Dan tampaknya kerja keras mereka membuahkan hasil. Dilaporkan oleh Games Industry, sebuah survei hasil kolaborasi Gamer Network dan IHS memperlihatkan bahwa usaha pembelian Nintendo Wii U meningkat tajam - mencapai 50 persen - dibandingkan sebelum mereka melaksanakan Nintendo Digital Event di E3.

Dengan mengambil sampel 1000 orang gamer antusias, sebelum ajang gaming terbesar di dunia itu dimulai, penjualan home console Nintendo Wii menunjukkan angka paling rendah dibandingkan PlayStation 4 dan Xbox One. Setelahnya, minat konsumen akan Wii U mampu menyaingi Xbox One. Dengan demikian, eksposur yang Nintendo dapatkan selama E3 2014 berlangsung terbukti sangat efektif.

 

 

Info menarik: Round-up Presentasi Nintendo Digital Event dari Electronic Entertainment Expo 2014

 

Dalam Nintendo Digital Event, sang produsen console lengendaris dari Jepang itu memamerkan berbagai judul game baru: Hyrule Warrios yang merupakan spin-off dari seri The Legend of Zelda, Kirby and the Rainbow Curse, Captain Toad’s Treasure Tracker, Mario Maker, dan tidak lupa memberikan info terbaru tentang Smash Bros. for Wii U dan 3DS. Selain itu Nintendo juga mengumumkan GameCube Controller Adapter untuk Wii U dengan harga yang murah.

Seperti yang bisa dengan mudah ditebak, PlayStation 4 masih berada di podium utama. Namun niat pembelian konsumen terhadap platform itu mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah E3 berakhir - sebesar 30 persen. Yang membuat PlayStation 4 bertahan di posisi puncak adalah penantian khalayak yang tinggi pada judul game eksklusif untuk home console itu, satu contohnya adalah Uncharted 4. Sekitar 76 persen pemilik PS4 berniat untuk membeli permainan tersebut.

Untuk Xbox One sendiri, permainan Halo terbarulah yang menjaga minat konsumen tetap tinggi. Kurang lebih 77 persen pemilik platform game anyar dari Microsoft menanti sekuel Halo. Sedangkan 89 persen pemilik Wii U sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan langsung membeli permainan Zelda terbaru begitu ia dirilis.

 

Info menarik: Pendaftaran Akses Alpha Permainan Terbaik E3 2014, Evolve, Telah Dibuka

 

Jika dilihat dari judul game, maka permainan-permainan dari publisher third-party-lah yang paling dinanti oleh gamer. Batman: Arkham Knight memimpin di depan, dengan 60 persen subjek survei mengklaim bahwa mereka berniat membelinya untuk platform yang mereka punyai. Destiny berada tipis di belakangnya, dengan Assassin's Creed: Unity dan Grand Theft Auto V berada di urutan ketiga dan keempat.

Menurut laporan dari IHS dan Gamer Network, beberapa permainan eksklusif untuk platform berbeda memang sudah banyak dirilis. Tapi mayoritas dari mereka tidak mendorong calon konsumen untuk membeli home console tertentu. Satu-satunya pengecualian ialah Mario Kart 8.

Dengan begitu, faktor penentu penjualan console di masa liburan lebih bergantung pada nilai konten yang ada di dalam permainan-permainan multi-platform ketimbang judul-judul eksklusif.

Gambar header: Nintendo.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again