Categories

Tips

Keuntungan Bekerja di Luar Kantor

Bertemu dengan suasana dan orang baru bisa menurunkan stres dan meningkatkan produktivitas

Prayogo Ryza - 27 January 2017

Perkembangan teknologi digital, internet dan era persaingan bebas seperti sekarang ini memungkinkan perusahaan mempekerjakan staf dari mana saja dan bekerja di mana saja. Tren ini semakin berkembang dengan adanya jargon “kerja tidak harus di kantor” dan tersedianya tempat kerja bersama atau co-working space. Selain suasana baru yang bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas ternyata bekerja dengan di sekitar orang asing “asing”  juga memiliki banyak keuntungan. Berikut beberapa di antaranya:

Jaringan dan kolaborasi

Bekerja di luar kantor saat ini menjadi tren seiring kebutuhan mobilitas yang tinggi. Sebenarnya bekerja di luar kantor memberikan kita kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru dengan pemikiran dan kemampuan yang berbagai macam. Kesempatan ini membawa peluang untuk memperluas jaringan profesional sekaligus membuka pintu kesempatan untuk saling berkolaborasi.

Mengoptimalkan teknologi untuk efektivitas kerja

Tren bekerja dari mana saja mendorong banyak perusahaan perangkat lunak menyediakan layanan yang mendukung hal tersebut. Mulai dari layanan manajemen tim, chat profesional, manajemen dokumen, email, dan lain sebagainya sudah tersedia. Sebut saja layanan populer seperti Trello untuk manajemen proyek, Dropbox, Google Drive dan OneDrive untuk saling bertukar berkas, Google Docs untuk layanan perangkat lunak kantoran, dan Slack untuk sarana berkomunikasi tim jarak jauh. Ke semua tools tersebut mampu menjadi senjata andalan untuk tetap menjaga ritme kerja agar tetap produktif meski tidak saling bertatap muka.

Peluang mendapatkan sumber ide baru

Kejenuhan sering menimpa pekerja yang seharian bekerja di balik meja kerja di kantornya. Kondisi ini sering kali menghambat ide-ide kreatif yang dituntut untuk terus disumbangkan. Bekerja di luar, dengan orang-orang baru membantu pekerja mendapatkan suasana baru. Hal tersebut bisa menjadi hal positif untuk merangsang ide-ide baru untuk tumbuh. Sesuatu yang baru untuk ide-ide segar yang cemerlang.

Menghindari kesepian

Bekerja dengan orang asing, suasana baru juga diperlukan oleh para freelancer yang selama ini bekerja dari rumah. Keluar dan mencari suasana baru menghindarkan dari kesepian. Keberadaan orang-orang di sekitar juga membantu untuk menyegarkan pikiran dan menghindari rasa kesepian saat bekerja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter