1. DScovery

Kewajiban Adalah: Definisi, Jenis-jenis, dan Contoh Penerapannya

Dalam hal kewajiban, semua orang harus pasti sudah mengetahuinya, dari anak-anak hingga orang dewasa. Lalu apa sih kewajiban itu sebenarnya? Cek langsung tulisan ini!

Arti kewajiban tentu diketahui semua orang. Kewajiban adalah sesuatu yang diperhatikan orang sebagai makhluk sosial. Setiap orang memiliki kewajiban yang harus dipenuhi.

Kewajiban sering disamakan dengan hak. Hak dan kewajiban adalah istilah yang sama dilihat dari perspektif yang berbeda. Kewajiban adalah tindakan yang menyebabkan orang bertindak dengan cara yang dapat diterima secara sosial.

Berikut kami rangkum apa yang dimaksud tanggung jawab dari berbagai sumber.

Definisi Kewajiban

Dimaknai secara luas, kewajiban adalah suatu perbuatan yang harus dilakukan oleh seseorang. Setiap tindakan yang dilakukan merupakan bentuk tanggung jawab penuh yang timbul dari permasalahan yang timbul, baik yang bersifat hukum maupun moral. Oleh karena itu, kehidupan manusia selalu melibatkan tanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan sosial, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewajiban adalah (sesuatu) yang wajib atau sesuatu yang harus dilakukan atau dipaksakan. Menurut definisi komitmen KBBI, kewajiban dapat dikatakan sebagai tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan dan dikerjakan dengan baik.

Kewajiban ini kita lihat nyata ketika kita masih bersekolah, dimana siswa memiliki kewajiban untuk belajar. Tidak hanya itu, dalam kehidupan kerja, tugas atau pekerjaan harus diselesaikan sedemikian rupa sehingga manajemen tidak menyalahkannya. Jadi jangan pernah menunda tugas apa pun karena dapat merugikan kamu atau orang lain.

Selain itu, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa dengan melakukan tindakan paksaan, kita memberikan hak pada diri sendiri. Misalnya, seorang siswa harus belajar agar siswa tersebut mendapatkan nilai yang bagus. Kami melihat tidak hanya seseorang yang memenuhi kewajiban dapat memperoleh hak dengan karyawan perusahaan. Mereka yang menyelesaikan pekerjaannya diberi gaji agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Jenis-jenis Kewajiban

Ada berbagai jenis kewajiban yang merupakan tindakan yang harus dilakukan dan dilakukan. Menurut George Nathaniel Curzon, tugas dibagi menjadi lima jenis, yaitu kewajiban mutlak, kewajiban umum, kewajiban positif dan negatif, kewajiban umum dan khusus, dan kewajiban utama.

1. Kewajiban Mutlak

Kewajiban mutlak adalah kewajiban yang harus dipenuhi seseorang terhadap dirinya sendiri dan tidak menyangkut hak serta tidak mensyaratkan hak untuk digabungkan dengan pihak lain. Contoh kewajiban mutlak adalah seseorang yang wajib melaksanakan ibadah yang dianutnya. Bagi umat beragama, ibadah itu wajib, sehingga tidak boleh berhenti dari ibadah.

2. Kewajiban Publik

Kewajiban publik adalah tugas yang berkaitan dengan hak-hak umum. Kami sering memiliki tugas publik dalam undang-undang di mana setiap orang harus mematuhi undang-undang dan peraturan pidana. Selain itu, contoh tugas masyarakat dapat dilaksanakan dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara dan menertibkan masyarakat.

3. Kewajiban Positif dan Negatif

Kewajiban positif dan negatif adalah kewajiban seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen positif adalah komitmen seseorang untuk melakukan sesuatu. Di sisi lain, kewajiban negatif adalah kewajiban seseorang untuk tidak berniat melakukan sesuatu.

Contoh kewajiban positif adalah bahwa seseorang berkewajiban untuk memberi tahu pihak berwenang ketika hak-haknya telah diambil secara paksa. Sebaliknya, contoh kewajiban negatif adalah tidak melakukan pencemaran nama baik meskipun haknya telah diambil.

4. Kewajiban Umum dan Khusus

Kewajiban umum adalah kewajiban yang berlaku bagi semua warga negara yang tinggal dan bertempat tinggal di suatu negara. Kewajiban khusus, sebaliknya, adalah tugas yang dipenuhi atau hanya dipenuhi oleh beberapa kelompok, seperti yang aktif di bidang kontrak atau hukum.

Contoh kewajiban umum adalah bahwa semua orang wajib mematuhi aturan yang berlaku di suatu negara, terlepas dari apakah mereka telah masuk atau sudah tinggal di negara itu. Kami melihat contoh kewajiban khusus bagi seseorang yang telah membayar barang atau jasa berdasarkan kontrak yang disepakati.

5. Kewajiban Primer

Kewajiban primer adalah kewajiban yang mungkin timbul dari aktivitas atau perilaku ilegal seseorang. Dengan kata lain, kewajiban primer adalah kewajiban yang berkaitan langsung dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut. Misalnya kewajiban membayar pajak dan kewajiban tidak mencemarkan nama baik orang lain.

Selain itu, kewajiban primer dapat timbul dari aktivitas atau perilaku ilegal. Kita melihat contoh ketika seseorang harus membayar ganti rugi atau denda atas tindakan yang dilakukan.

Contoh Kewajiban

Untuk pemahaman yang lebih baik, kamu perlu mengetahui apa arti kewajiban melalui sebuah contoh. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

1. Contoh Kewajiban di Rumah

- Membantu orang tua melalui ikhlas dan ketulusan

- Melakukan pekerjaan rumah tangga seperti belajar, menonton TV dan bermain, namun tetap mematuhi aturan yang berlaku di setiap keluarga.

- Jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

2. Contoh Kewajiban di Sekolah

- Belajar dengan tekun dan aktif menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru

- Mengikuti peraturan sekolah

- Menghormati dan menghargai guru dan staf lainnya

3. Contoh Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

More Coverage:

- Kewajiban menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban lingkungan

- Pembayaran biaya konsumsi listrik

- Membayar pajak

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap orang. Selain kepemilikan, tanggung jawab harus dipahami agar dilakukan dengan benar dan bertanggung jawab. Tindakan wajib oleh orang tersebut biasanya dibuat dan disepakati sesuai dengan hukum yang berlaku.

Selain itu, kewajiban dalam kehidupan sosial sehari-hari dapat memiliki efek penyelesaian masalah dan membenarkan hak.

Demikianlah mengenai kewajiban. Semoga artikel ini bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again