Categories

Gadget

Keyboard Nirkabel Logitech MX Keys Mini Ideal untuk Meja Kerja yang Sempit

Logitech MX Keys Mini tidak punya numpad, tapi ia punya tombol untuk mute/unmute mikrofon, serta tombol emoji

Glenn Kaonang - 29 September 2021

Logitech punya keyboard nirkabel baru. Namanya MX Keys Mini, dan ia merupakan versi mungil dari keyboard Logitech MX Keys yang dirilis dua tahun silam.

Seperti yang bisa kita lihat, dimensi yang lebih ringkas itu Logitech wujudkan dengan mengeliminasi bagian numpad yang umumnya terdapat di sisi kanan. Empat tombol panahnya dimampatkan ke bawah Shift kanan, sementara tombol Del dipindah ke atas Backspace.

Sisanya — yang jarang digunakan oleh sebagian besar konsumen seperti tombol Insert, Home, End, Page Up, dan Page Down — sepenuhnya sirna. Dengan panjang bodi hanya 29,6 cm, keyboard ini ideal untuk pengguna yang punya meja kerja berukuran kecil.

Menariknya, Logitech justru menambahkan tiga tombol yang mungkin jauh lebih berguna bagi banyak orang, yaitu tombol mute/unmute mikrofon, tombol emoji, dan tombol untuk mengaktifkan fitur dictation di perangkat yang terhubung.

Selain dapat disambungkan ke perangkat Windows maupun macOS, MX Keys Mini juga kompatibel dengan perangkat Linux, Chrome OS, iOS, iPadOS, dan Android. Perlu dicatat, MX Keys Mini mengandalkan koneksi Bluetooth, dan ia tidak bisa digunakan bersama receiver USB milik periferal nirkabel Logitech pada umumnya.

Meski demikian, ia kompatibel dengan dongle Logi Bolt (dijual terpisah) yang diperkenalkan baru-baru ini, yang menjanjikan keamanan sekaligus stabilitas koneksi yang lebih baik daripada dongle USB tradisional.

MX Keys Mini bukanlah sebuah mechanical keyboard. Pun begitu, Logitech tetap menjanjikan pengalaman mengetik yang nyaman berkat bentuk permukaan tombol yang cekung. Varian default-nya hadir membawa layout ganda (Windows dan macOS), akan tetapi Logitech juga menawarkan varian khusus Mac dengan layout yang sesuai.

Seperti kakaknya, MX Keys Mini turut dibekali sistem backlight pintar yang akan menyala secara otomatis ketika pengguna mulai memakainya, lalu mati dengan sendirinya ketika pengguna meninggalkan meja. Tingkat kecerahannya juga bisa menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di dalam ruangan secara otomatis.

Dalam sekali pengisian, baterai MX Keys Mini diklaim cukup untuk 10 hari pemakaian. Kalau backlight-nya dimatikan, perangkat malah diyakini mampu beroperasi sampai lima bulan lamanya sebelum akhirnya perlu diisi ulang.

Di Amerika Serikat, Logitech MX Keys Mini saat ini telah dipasarkan seharga $100, sama persis seperti MX Keys versi full-size. Konsumen bisa memilih di antara tiga opsi warna yang berbeda (rose, pale gray, dan graphite), akan tetapi versi Mac-nya cuma tersedia dalam satu warna saja.

Sumber: Logitech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter