Salah satu hal yang perlu disiapkan ketika startup atau produknya baru diluncurkan adalah publikasi. Selain upaya untuk lebih dikenal, publikasi juga meningkatkan kemungkinan bagi startup untuk ditemukan oleh calon penggunanya. Di sini peran relasi media menjadi sangat penting, untuk menyampaikan tersebut. Salah satu cara yang dilakukan untuk menjalin relasi publik yaitu dengan mengirimkan undangan konferensi pers.

Namun masih ada cara lain yang dapat dilakukan, misalnya dengan mengirimkan rilis ke email redaksi. Beberapa media bahkan memiliki formulir khusus yang ditujukan bagi startup untuk mengirimkan informasi yang dimiliki, khususnya terkait startup baru atau peluncuran produk.

Berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti oleh startup baru untuk menjalin relasi dengan media guna mempublikasi karya miliknya:

Peran tim relasi media

Umumnya tim ini menjadi satu dengan tim pemasaran, beberapa startup baru mungkin tidak memilikinya. Kendati demikian tak jarang peranan relasi media dibantu oleh tim yang dimiliki investor. Pada dasarnya relasi media adalah sebuah peran dalam bisnis yang bertugas menyampaikan informasi perusahaan yang dianggap penting dan perlu diketahui oleh publik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendekatkan diri dengan rekan media, tim startup dapat mengikuti acara networking atau gathering. Selain mengundang startup atau investor, biasanya pada acara tersebut media yang berkaitan juga diundang.

Menekankan pada sisi kualitas

Tidak semua hal perlu dikampanyekan. Peran seorang relasi media ialah memilah-milah informasi berkualitas untuk disampaikan ke publik. Informasi tersebut juga menjadi cerminan dari startup di mata pembaca. Tak jarang investor ataupun rekanan bisnis mempertimbangkan sebuah kerja sama dengan membaca image yang ada di berita. Tak jarang juga sebuah kesempatan baru ditemukan dari proses tersebut.

Target publikasi harus jelas

Berita memiliki segmentasinya masing-masing. Jika yang ingin dipublikasikan adalah sebuah produk digital, maka pastikan menyampaikan rilis tersebut ke media yang tepat. Termasuk berkaitan dengan pangsa pasar yang ditargetkan. Jika produk atau layanan didesain untuk kalangan muda, maka sesuaikan media yang dipilih adalah laman yang sering dikunjungi oleh pembaca kalangan anak muda juga.

Fokus pada tujuan publikasi

Konten publikasi selayaknya memfokuskan pada poin penting yang ingin disampaikan. Misalnya startup ingin mengumumkan debut barunya, karena baru saja diluncurkan. Maka poin-poin penting yang disampaikan adalah produk/layanan apa yang dikembangkan, siapa pendirinya dan latar belakangnya, menjelaskan mengapa produk/layanan tersebut layak digunakan, bagaimana mekanisme penggunaan, hingga target yang ingin dicapai dalam bisnis tersebut.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.