Categories

Interview

Kiat Sukses Sejasa Utamakan Standardisasi Kualitas Produk dan Layanan

Dengan sistem verifikasi dan review yang ketat untuk menjaga kualitas jasa yang ditawarkan

Prayogo Ryza - 19 February 2016

Jika diminta menyebutkan konsep startup yang cukup “laku” di Indonesia mungkin online marketplace adalah salah satunya. Tak hanya barang, marketplace jasa juga sudah mulai banyak bermunculan di Indonesia. Salah satunya adalah Sejasa. Marketplace jasa yang merupakan bagian dari RecomN Technologies Pte Ltd ini mulai diperkenalkan ke publik tanah air pada Oktober silam. Meski belum lama hadir di Indonesia, pihak Sejasa sudah mengklaim bahwa layanan mereka merupakan pemimpin untuk sektor marketplace jasa di Indonesia.

Country Manager Sejasa Indonesia Anthony Eka Wijaya kepada Dailysocial mengungkapkan bahwa menurut data internal yang mereka miliki, sejauh ini Sejasa sudah menangani 10.000 permintaan setiap bulannya. Secara keseluruhan Anthony juga mengungkapkan bahwa sudah ada ribuan pelanggan yang menggunakan layanan Sejasa dengan pertumbuhan 40% setiap bulannya.

Di Sejasa sendiri saat ini telah melayani permintaan untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Denpasar dan memiliki sembilan puluh lebih kategori yang ditawarkan.  Mulai dari jasa perbaikan AC, renovasi rumah, catering, dan banyak lainnya. Dengan pilihan yang beragam dan teknologi yang memudahkan Sejasa berharap pelanggan bisa membantu pelanggan dalam menemukan pelanggan dengan penyedia jasa berkualitas.

“Kami menghubungkan customer yang sedang membutuhkan layanan jasa (service AC, renovasi rumah, catering, event organizer, trainer yoga, dan 90+ kategori lainnya) dengan penyedia jasa yang sesuai. Customer cukup mengisi formulir singkat untuk menjelaskan apa yang mereka butuhkan dan dalam 1 – 2 jam, akan ada hingga 6 penawaran yang masuk dari pihak penyedia jasa,” ujar Anthony.

Dengan sistem review dan verifikasi yang berlaku di sistem Sejasa, kualitas jasa dan review bisa objektif dan menjadi pertimbangan bagi pengguna lainnya. Sementara bagi penyedia jasa Sejasa memberikan cara baru untuk mendapatkan pelanggan.

“Masalah utama industri jasa ada dua, harga yang tidak transparan dan juga tidak adanya standar kualitas yang jelas. Platform Sejasa hadir sebagai solusi untuk kedua masalah utama tersebut, dibuktikan dengan customerretention rate kami yang cukup tinggi,” terang Anthony.

Menjadikan standardisasi layanan sebagai hal utama

Persaingan di segmen marketplace jasa mengharuskan siapa pun yang ada di dalamnya mempunyai keunggulan yang membedakan dengan lainnya. Demikian pula dengan Sejasa. Ketika ditanya apa yang menjadi faktor pembeda Sejasa Anthony menegaskan pembedanya ada pada standar kualitas layanan. Dengan menetapkan sistem review yang ketat Sejasa berusaha menjaga kualitas semua jasa yang ditawarkan di layanan mereka.

“Kami sangat berfokus pada standardisasi layanan melalui sistem review. Kami sangat strict dengan review dan untuk penyedia jasa yang averageratingnya di bawah angka tertentu, akan langsung kami keluarkan dari platform Sejasa. Hingga saat ini, average rating dari penyedia jasa yang bergabung dengan kami adalah 4.5 (skala 1 – 5). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar customer sangat puas dengan layanan dari penyedia jasa yang bergabung dengan Sejasa.com,” terang Anthony.

Anthony lebih jauh menjelaskan dalam hal menjaga kualitas review yang ada pihaknya juga menyediakan fitur verified review.

“Secara total, kami telah memiliki ribuan verified review pada top category kami, yang tentunya hal ini akan semakin mempermudah customer dalam mengambil keputusan untuk memilih penyedia jasa,” imbuh Anthony.

Saat ini selain menjaga kualitas layanan jasa yang ada Sejasa juga fokus pada penambahan jumlah kategori jasa dan juga jangkauan ke berbagai kota baru.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter