1. Startup

Kikin: User-Centric Plug-in Untuk Search Engine

Kebiasaan setiap orang dalam menggunakan search engine memang berbeda-beda, ada yang berkonsentrasi pada kata kunci, ada pula yang menggunakan berbagai jenis mesin pencari, seperti menggunakan mesin pencari semantik dalam tujuan untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal.

Ada pula yang menggunakan kata kunci dengan menambahkan beberapa aplikasi lagi untuk melengkapi dan mempermudah dalam mendapatkan hasil pencarian, salah satunya dengan SurfCanyon yang pernah ditulis oleh DailySocial.

Ada lagi satu aplikasi yang bisa membantu mencari hasil pencarian dengan mencoba menawarkan pengalaman mencari yang lain, aplikasi ini adalah Kikin.

Kikin adalah plug-in yang bisa ditambahkan di browser populer seperti Firefox, Internet Explorer dan Safari. Instalasinya sama dengan add-ons di Firefox, cukup berkunjung ke situs Kikin download plug-in kemudian tambahkan plug-in dan siap digunakan.

Setelah terinstal maka nantinya ketika anda menggunakan search engine, selain hasil pencarian standar yang akan muncul juga ada tambahan box kotak dengan ikon Kikin di bagian kiri atas untuk menampilkan hasil pencarian yang dihasilkan oleh Kikin.

Keistimewaan Kikin terletak dari apa yang dalam situs resminya dinamakan user-centric experience. Kikin akan membantu menyediakan hasil pencarian dari berbagai situs dalam satu box, anda tinggal mengklik tab untuk mencari hasil pencarian dari situs lain tanpa menutup halaman utama hasil pencarian. Situs yang tersedia untuk memberikan hasil pencarian antara lain iTunes, Wikipedia, YouTube, Twitter, Google Reader, Facebook, eBay, Amazon. Tapi situs-situs ini tergantung dari kata kunci yang digunakan. Dan semuanya bisa dikustomasi sesuai dengan keinginan user.

Misalnya saya menggunakan kata kunci Avatar, maka akan muncul hasil pencarian dari situs-situs diatas, misalkan dari Amazon akan muncul produk yang berkaitan denngan kata kunci Avatar, termasuk didalamnya film Avatar-nya James Cameron dan film Avatar kartun, dari YouTube akan berisi berbagai video yang berhubungan dengan film Avatar, salah satunya Trailer film Avatar.

Kotak Kikin tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, sehingga kenyamanan masih tetap terjaga. Beberapa kelebihan lain yang termasuk dalam personalisasi yaitu anda bisa mendapatkan secara langsung hasil pencarian dari Facebook dan Twitter, untuk yang terakhir memang mesin pencari besar rata-rata sudah memunculkan hasil pencarian real-time, tapi yang menjadi istimewa di Kikin adalah, anda bisa mengatur hasil pencarian real-time ini sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya untuk hasil pencarian dari Twitter, anda bisa mengatur timeline yang muncul di Kikin apakah dari All tweet atau hanya dari Feed akun Twitter anda saja.

Untuk hasil pencarian yang muncul dari Twitter, Kikin juga berfungsi sebagai Twiiter client, jadi anda bisa me-reply dan me-retweet langsung dari halaman utama mesin pencari. Meski fitur yang ada terbatas, hanya reply dan retweet saja.

Seperti yang ditulis di situs resmi mereka, Kikin juga tidak membatasi hasil pencarian hanya dalam 256 character teks serta penebalan biru pada teks tertentu, yang merupakan contoh hasil pencarian standar dari Google, tapi Kikin memberikan hasil pencarian yang kaya fitur, seperti jika hasil pencarian dari YouTube muncul, ketika anda mengklik video tersebut anda bisa langsung menontonnya tanpa harus masuk ke situs YouTube atau meninggalkan halaman pencarian yang sedang anda buka.

Untuk kotak atau box Kikin juga bisa diatur lebar kecilnya, jadi jika anda merasa box ini mengganggu dan terlalu besar atau anda ingin berkonsentrasi dengan pencarian standar, maka ada ikon panah kecil dibagian bawah kotak Kikin yang bisa mengecilkan box Kikin, demikian juga sebaliknya, jika anda ingin memperlebar kotak Kikin, anda tinggal mengklik ikon panah yang satu lagi.

User juga bisa mengatur dari situs mana hasil pencarian akan ditampilkan, misalnya anda tidak menginginkan hasil pencarian dari Twitter, pengaturan untuk hasil pencarian bisa dilakukan di fitur setting, yang akan muncul ketika anda mengklik ikon Kikin di bagian kiri atas kotak Kikin, dengan Facebook connect dan sign in with Twitter anda bisa mengatur hasil pencarian agar lebih personal, yang berarti hasil pencarian di dapat dari relasi anda sendiri.

Kikin juga menyediakan toolbar yang akan muncul jika anda mengklik hasil pencarian yang disediakan oleh Kikin, toolbar ini berguna untuk membantu melihat hasil pencarian dengan kata kunci yang sama yang terdapat di situs lain tanpa meninggalkan halaman yang anda baca, juga terdapat tab share yang memungkinkan anda membagi link situs yang ada lihat ke relasi anda, untuk medapatkan saran tentang hasil pencarian anda.

Kikin masih dalam taraf beta, jadi bisa saja hasil pencarian menjadi tidak maksimal. Kikin juga sepertinya kurang cocok bagi anda yang sudah sangat terbiasa dengan hasil pencarian standar yang berupa teks dan image saja, bukan rich search result seperti Kikin, seperti yang saya bilang di awal tulisan bahwa untuk menggunakan mesin pencari memang tergantung kebutuhan user sendiri. Kikin juga akan sangat berguna bagi mereka yang sering melakukan pencarian video, pencarian dari Tweet, serta berbagai pencarian yang hasil pencarian bukan berupa teks. Dan untuk mereka yang menginginkan hasil pencarian personalisasi dan disesuaikan dengan preferensi user, Kikin bisa jadi salah satu pilihan.

Sayangnya Kikin belum tersedia untuk Chrome, jadi saya mencoba mengecek dengan Firefox dan cukup lancar, untuk pengguna Safari dan menggunakan Snow Leopard, seperti yang ditulis Mashable, anda harus menggunakannya di 32-bit mode. Satu lagi, sepertinya Kikin juga tidak menyediakan hasil pencarian dari foto atau images, saya mencoba beberapa kali untuk memunculkan hasil pencarian foto tapi tidak berhasil.

Hasil pencarian juga tidak semuanya berhasil ditemukan Kikin, untuk kata kunci yang masuk kategori seperti ini, Kikin akan menulis no item be found, meskipun muncul dihasil pencarian standar.

Anda bisa mulai mencoba Kikin di sini, dan jangan lupa, apabila sudah mencobanya untuk share pendapat anda pada kolom kementar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again