Kioson merealisasikan rencana yang diutarakan pada masa penawaran saham perdana, dengan mengakuisisi PT Narindo Solusi Komunikasi (Narindo), perusahaan agregator e-voucher dan layanan digital, senilai Rp35,53 miliar atau setara dengan 78,95% perolehan dana segar yang didapat Kioson dari IPO sebesar Rp45 miliar.

Penandatanganan perjanjian akuisisi ini menandakan bahwa 99% saham Narindo telah resmi dimiliki Kioson. Diyakini hubungan keduanya akan saling melengkapi kekuatan masing-masing.

[Baca juga: Mengapa Kioson dan M Cash Lebih Memilih “Go Public”?]

Narindo akan memperkuat bottom line perseroan yang saat ini masih mencatat rugi. Per April 2017, Per April 2017, penjualan bersih yang diperoleh Kioson sebesar Rp25,96 miliar. Akan tetapi besaran penjualan, belum sepadan dengan beban perusahaan yang masih membengkak Rp32 miliar. Menghasilkan kerugian sebesar Rp4,45 miliar.

Kioson sendiri menargetkan pertumbuhan pendapatan menjadi Rp500 miliar sampai akhir tahun ini dengan pertumbuhan 1.900% dibandingkan tahun sebelumnya. Sekitar 80%-90% dari target pendapatan tersebut akan ditopang oleh kinerja Narindo.

“Akuisisi ini berperan strategis untuk memperkuat infrastruktur kami di daerah melalui aset yang sudah dimiliki Narindo. […] Kami harapkan dapat mengamankan bottom line Kioson,” terang Direktur Utama Kiosnon dalam keterangan resmi.

Kehadiran Narindo juga akan membantu Kioson dengan menambah pasokan layanan produk digital yang lebih beragam, selain penyediaan e-voucher pulsa.

“Kami akan mendorong diversifikasi layanan yang kami sediakan melalui platform digital di Kioson. Semakin variatif layanan yang tersedia, semakin mudah pula masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” tambah CEO Narindo Bernard Martian.

Hingga April 2017, Kioson telah menjaring lebih dari 19.000 mitra UKM serta telah melayani lebih dari 2 juta pelanggan yang tersebar di kota lapis kedua. Fitur dan layanan Kioson antara lain loket pembayaran (telepon, listrik, TV kabel, PDAM asuransi, e-commerce, dll), penjualan pulsa, paket data, penjualan produk e-commerce, penjualan produk asuransi dan jasa layanan keuangan.

Kioson juga berkolaborasi dengan perusahaan terkemuka di bidang telekomunikasi, perbankan, keuangan, asuransi dan e-commerce sebagai channel penjualan langsung.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.