Categories

Berita

Kitabisa Luncurkan Layanan Zakat Online

Memudahkan pengguna membayar zakat semudah transaksi e-commerce

Prayogo Ryza - 20 June 2016

Situs penggalang dana Kitabisa bertepatan dengan momentum bulan Ramadan ini menghadirkan fitur zakat online. Fitur yang hadir berkat kerja sama dengan tiga Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang terdiri dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat ini mencoba memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat mereka.

Chief Executive Officer Kitabisa Alfatih Timur menuturkan bahwa kemitraan yang terjalin dengan tiga OPZ ini dilakukan sejalan dengan misi Kitabisa sebagai wadah gotong-royong digital untuk memudahkan pengguna Kitabisa menunaikan zakatnya.

Ada beberapa hal yang disematkan di fitur baru Kitabisa ini. Yang pertama, pengguna bisa memilih untuk menunaikan zakat instan yang langsung tersalurkan ke mitra OPZ atau memilik program zakat  spesifik sesi dengan keinginan. Misalnya pengguna ini membantu anak yatim, pengguna bisa langsung melihat katalog program zakat yang bertema anak yatim dan langsung memilih salah satu program di sana.

Kedua, pengguna akan mendapatkan laporan penggunaan dana dari mitra OPZ di website dan juga melalui email. Alfatih dalam rilisnya berharap dengan laporan ini pemberi zakat, atau disebut dengan muzakki semakin tertaut dan lebih semangat membantu program-program yang ada.

Sedangkan yang ketiga adalah pengguna tidak perlu melakukan konfirmasi zakat karena prosedur zakat di Kitabisa menggunakan sistem kode unik. Dengan kode unik tersebut zakat yang dibayarkan akan terdeteksi oleh sistem tanpa harus melakukan verifikasi.

Sebuah fitur yang mencoba memberikan pengalaman baru menunaikan zakat semudah transaksi belanja online. Selain memudahkan dari segi sistem fitur zakat online ini juga diharapkan bisa menggali lebih jauh potensi zakat Indonesia yang mencapai Rp 217 triliun tiap tahunnya.

Direktur Amil Zakat Nasional BAZNAS Arifin Purwakananta mengungkapkan bahwa layanan zakat digital di Kitabisa ini akan melayani muzakki secara lebih baik. Adapun zakat digital merupakan bagian terpadu dari layanan Zakat Payroll System (ZPS), sebuah layanan yang mengotomatisasi zakat di institusi atau perusahaan.

Hal senada juga disampaikan CEO Rumah Zakat Nur Efendi. Ia menitikberatkan pada inovasi dan kemudahan yang diberikan fitur zakat dari Kitabisa ini. Inovasi yang menurutnya sudah menjadi fokus para lembaga amil zakat agar pengumpulan zakat lebih maksimal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter