1. Startup

Kitabisa Resmi Akuisisi Asuransi Amanah Githa

Sudah menjual polis asuransi melalui aplikasi Kitabisa; baru lakukan suksesi angkat Vikra Ijas kini jadi CEO

PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha (Asuransi Amanah Githa) resmi berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa. Informasi ini sekaligus mengonfirmasi kabar akuisisi oleh platform donasi Kitabisa yang sudah berhembus sejak tahun lalu.

Perubahan nama ini telah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat keputusan KEP-283/PD.02/2023 tertanggal 29 Desember 2023.

“Dengan diberikannya pemberlakuan izin usaha perusahaan, PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa diwajibkan agar dalam menjalankan kegiatan usaha selalu menerapkan praktik usaha yang sehat dan senantiasa mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku,” sebagaimana dikutip dari situs OJK.

Situs Asuransi Kitabisa sudah bisa diakses secara publik. Dalam situs Asuransi Kitabisa, disampaikan bahwa mereka hadir dengan konsep back to basic. “Basic-nya asuransi adalah Saling Jaga,” tulisnya.

Dari pantauan DailySocial.id, aplikasi Kitabisa sudah menyediakan fitur SalingJaga untuk membeli polis asuransi jiwa. Manfaat yang ditawarkan adalah asuransi jiwa. Jadi jika anggota tutup usia selama masa perlindungan, maka keluarga akan mendapat bantuan tunai sesuai dengan besaran manfaat yang dipilih sejak awal.

Premi yang dibayarkan mulai dari Rp22 ribu (bulanan), Rp124 ribu (per 6 bulan), dan Rp246 ribu (tahunan).

Sempat terkendala

Berdasarkan situs Kitabisa, Kitajaga adalah program lanjutan dari Saling Jaga yang sudah ditutup sejak Juli 2021. Praktiknya seperti asuransi pada umumnya sehingga OJK melarang Kitajaga untuk beroperasi dan harus memenuhi aturan yang berlaku dengan mengajukan izin asuransi.

Setelah dioperasikan kembali dengan nama Kitajaga, mereka bermitra dengan pialang asuransi PT PasarPolis Insurance Broker, menyediakan produk asuransi jiwa dari Takaful Keluarga. Manfaat asuransi yang ditawarkan adalah perlindungan jiwa.

Dalam perjalanannya, kemitraan Kitabisa dengan Asuransi Amanah Gita dimulai sejak meluncurkan Koperasi Kitabisa (Koperasi Jasa Multi Pihak Kita Bisa Indonesia). Dalam keanggotaannya, koperasi ini terbatas hanya untuk anggota Kitabisa −sekaligus mendaftar jadi pemegang polis asuransi− yang sudah mendaftar dengan iuran bulanan (disebut patungan) sebesar Rp8 ribu per bulan.

Manfaat yang bisa diterima, anggota bisa mengajukan pinjaman tanpa bunga dengan limit maksimal Rp3 juta untuk kebutuhan mendadak. Juga, santunan bila jatuh sakit kritis, kecelakaan, dan meninggal. Terdapat pula program beasiswa, pelatihan usaha, dan galang dana. Koperasi Kitabisa juga bisa diakses melalui aplikasi Kitabisa.

Reorganisasi

Kitabisa mengumumkan perubahan struktur organisasi perusahaan. Vikra Ijas naik posisi jadi CEO Kitabisa dari sebelumnya CMO. Posisi CEO ini sebelumnya ditempati oleh rekan founder-nya Alfatih Timur. Timmy, panggilan akrabnya, sekarang menjabat sebagai Presiden.

Dalam akun media sosialnya, memasuki usia satu dekadenya yang pertama, Kitabisa mengklaim telah menggaet lebih dari 8 juta donatur dan menyalurkan ratusan juta bantuan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again