Categories

Interview

KitaKemana Tawarkan Rekomendasi Tempat ‘Nongkrong’ di Malang dan Jakarta

Hesti Pratiwi - 29 November 2013

KitaKemana adalah salah satu startup asal indonesia yang mencuat lewat ajang Startup Asia di Jakarta minggu lalu. Lalu, apa dan bagaimana sebenarnya KitaKemana ini? Sebenarnya konsepnya tak jauh-jauh beda dengan Urbanesia, yakni menjadi sebuah situs yang akan memberikan panduan serta informasi seputar tempat nongkrong dan acara.

Sebagai nilai tambahnya, pengelola KitaKemana mencoba untuk memberikan informasi berguna selengkap mungkin, serta rekomendasi-rekomendasi yang dinilai berkualitas.

Dalam memilih-milih tempat "nongkrong", skenario paling jamak yang sering terjadi adalah seperti ini: janjian untuk bertemu kawan. Setelah waktunya sesuai, lalu pertanyaan berikutnya pasti kalau tidak lokasi atau kegiatan. “Dimana?”, akhirnya, yang sering terjadi terlontar kata “terserah”, “kemana aja, bebas”, “gue sih, ikut aja,”.

Percakapan seperti ini akan berlangsung cukup lama, hingga sampai ada salah satu orang ambil inisiatif menentukan tujuan dan kegiatan. Tak jarang, percakapan terputus tanpa solusi dan berakhir pada saat tenggat waktu bertemu. Akhir cerita, akan menuju ke tempat itu-itu saja. Bisa jadi, itu adalah tempat favorit bersama, namun kalau setiap weekend ke situ, lama-lama juga bosan.

Yang namanya refreshing, harusnya terlepas dari rutinitas, bukankah akan sangat aneh, jika niatnya melepaskan diri dari rutinitas sejenak namun yang ada malah menimbulkan sebuah rutinitas baru. Di era banjir informasi seperti ini, seharusnya hal ini bukan masalah. Tinggal googling semuanya selesai. Namun tak dapat dipungkiri, terlalu banyak pilihan juga membuat orang jadi malas memilih, malas repot, atau bingung.

Tak semua orang juga yang punya jiwa petualang dan berani mencoba segala hal yang baru yang tersaji di depan mata, seperti acara atau tempat "nongkrong" baru. Ujung-ujungnya akan selalu mencari rekomendasi. Itu yang menjadikan bisnis review tempat selalu ada saja peminatnya. Pasarnya terbuka lebar dan siapa saja punya kesempatan merebut pasar.

KitaKemana mencoba membantu konsumen menemukan berbagai tujuan aktifitas yang bisa dilakukan bersama teman. Menurut  situsnya, KitaKemana tidak hanya sekedar direktori, namun memberikan  rekomendasi dan informasi terlengkap mengenai acara dan tempat-tempat seru di berbagai kota di Indonesia. Namun saat ini baru ada dua kota yang ditawarkan: Malang dan Jakarta.

Jadi, bila kebetulan ingin mengetahui acara yang terjadi seputar dua kota tersebut, tinggal mencarinya di situs ini. Saat ini situs ini masih dalam versi beta, namun bila dilihat sudah tersedia daftar kategori yang cukup lengkap. Seperti Art yang berisikan acara-acara seputar kesenian, Concert, info konser yang akan terselenggara di dua kota tersebut, dan juga Exihibition, Hobbies, Workshop, Cafe, Culinary, Entertaiment, Shop, dan Tourism.

Tak ketinggalan kolom Editor’s Pick dan laporan ulasan acara lengkap dengan foto-fotonya. Untuk kolom Places, berisikan ulasan dan tempat rekomendasi oleh tim KitaKemana, dilengkapi dengan rating yang memudahkan pengunjung untuk menetukan pilihan.

Para pendiri situs ini adalah Aulia Rahmani, Caesar Aldhela, dan Nashihuddin Al-Bilal. KitaKemana sendiri berdiri di bawah Hellonemo yang merupakan sebuah studio kreatif digital yang bertempat di Malang.

Pengembangan sebelum peluncuran kurang lebih memakan waktu enam bulan, mulai dari riset hingga purwarupa. Kendala yang dihadapi menurut timnya adalah pengumpulan konten. Kurangnya personil untuk pengumpulan konten membuat proses tersebut menjadi lebih lambat. “Targetnya dalam seminggu kita bisa memasukkan 5-7 content, karena kurangnya team jadi maksimal 2-3 content yang masuk.”

Menurut Aulia, KitaKemana didirikan karena, “sering travelling dan tiap akan ke suatu kota kami selalu bingung mencari referensi event dan tempat yang ingin dikunjungi.”

Search di berbagai site juga ternyata kurang membantu karena review-nya kadang malah bikin bingung dan kurang lengkap. Akhirnya kami melakukan riset sebelum membuat KitaKemana, apakah emang dibutuhkan site semacam KitaKemana.”

Setelah riset tersebut, diputuskan untuk membuat KitaKemana menjadi kurasi acara dan tempat. Selain itu KitaKemana memang disegmentasikan untuk kalangan urban, jadi Event dan Places yang diulas memang terpilah dan sesuai segmentasi.

“Kompetitor terkuat kami saat ini adalah Urbanesia dan site-site semacam Event Jakarta, Event Surabaya, dan lain-lain. Dalam menghadapi kompetisi, KitaKemana saat ini mengandalkan desain yang lain daripada kompetitor, informasi yang lengkap dalam tiap review event maupun place dan tampilan yang memudahkan user,” jelasnya.

Strategi ke depannya, Aulia mengatakan bahwa mereka akan menjalin kerja sama dengan startup-startup lain, serta kerjasama dengan tempat-tempat yang diulas dan event organizer untuk voucher dan penjualan tiket.

“Saat ini team KitaKemana masih fokus untuk produk development jadi kemungkinan di tahun kedua atau ketiga baru akan terlihat bisnis model yang fix. Target KitaKemana.com adalah menjadi leading Indonesian online lifestyle & city directory, harapannya satu tahun ke depan bisa menjangkau lima Kota Besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Jogja, Bandung, dan Malang,” pungkasnya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter