4 December 2013

by Yoga Wisesa

Apple dan Honda Berkolaborasi Untuk Keamanan Berkendara?

Menggunakan smartphone saat berkendara roda empat bukan solusi cerdas yang pernah diciptakan manusia. Bukan hanya ilegal, kegiatan ini juga sangat berbahaya. Bekerja dengan produsen mobil, perusahaan smartphone tak kenal lelah mencari solusi masalah ini. Dan baru-baru ini Honda mengenalkan teknologi integrasi iPhone dan mobil Civic 2014 mereka.

Ada dua jenis teknologi yang diluncurkan dari hasil kerjasama ini. Yang saya akan bahas pertama kali datang dari fungsi navigasi. Honda tampaknya telah mendongkrak kemampuan platform HondaLink dan merilisnya untuk iOS. Platform HondaLink ini terdiri dari aplikasi Connect, Aha, Navigation dan Launcher.

Honda sebenarnya telah merilis aplikasi Navigasi mereka sendiri yang ditenagai oleh kemampuan HERE dari Nokia yang ditawarkan seharga US$ 60, namun untuk Launcher sendiri, ia bisa berkolborasi dengan berbagai aplikasiย third-party. Dalam aplikasi Aha dan Connect, Anda bisa mengakses cuaca, pesan bahkan konten-konten dari jejaring sosial.

Tentu saja Anda bisa mengakses aplikasi-aplikasi ini dari smartphone, tapi untuk memperkecil persentase 'jumlah korban lalu lintas', Anda dapat menggunakan fitur screen-mirroring dan memanfaatkan fitur kedua yang diperkenalkan Honda, Display Audio Interface.

Display Audio Interface adalah sebuah device layar sentuh berukuran tujuh inci dengan tampilan aplikasi a la smartphone. Anda bisa menemukan aplikasi-aplikasi seperti phonebook, media, navigasi GPS, hingga voice command di dalamnya. Tapi tentunya banyak dari mereka yang membutuhkan iPhone agar bekerja optimal, bahkan untuk phonebook dan media sendiri akan 'mentransfer' informasi langsung dari smartphone.

Layar sentuh tujuh inci ini juga bisa berkolaborasi dengan Siri melalui kemampuan Siri Eyes Free melalui sistem audio yang telah dibubuhkan di dalamnya. Kini Anda tidak lagi harus menyentuhkan jari ke iPhone untuk menjawab panggilan karena Display Audio akan terhubung langsung dengannya lewat konektivitas Bluetooth. Bahkan Anda bisa mengirim pesan dari layar sentuh device ini.

Tapi tentu saja membagi konsentrasi saat berkendara bukanlah hal yang baik, terutama jika device tersebut memaksa Anda menggunakan salah satu tangan yang seharusnya mengenggam kemudi. Metode ini bukanlah solusi mobile sempurna di kendaraan roda empat, tetapi kita tahu baik Honda dan Apple tampak membuka jalan ke arah berkendara yang lebih aman.

Kedua fitur ini bisa Anda nikmati di tipe Honda Civic 2014 (EX model) dan Honda Fit 2015. Untuk versi awal integrasi ini, Anda membutuhkan smartphone Apple terbaru seperti iPhone 5, iPhone 5C dan iPhone 5S. Satu hal yang paling ditunggu oleh pengendara adalah implementasi penuh iOS di kendaraan - tanpa perlu memiliki iDevice terlebih dulu.

Rencananya paket app dan device yang sama juga akan dirilis untuk platform Android tahun depan.

Via 9to5Mac.com. Sumber gambar header: RidingCars.com.