1. Startup

Kompetisi Startup SPICA Runaway Umumkan Enam Finalis yang Ikut Tahap Bootcamp

Pedava, Kostoom, Lumi Glass, Barber Ranger, Antik Mebel, dan Alim adalah enam finasil yang berhak ikut tahap bootcamp SPICA Runaway dan berkolaborasi dengan Foxy Ladies

Kompetisi Startup SPICA Runaway yang digagas oleh POPULAR, Gaharu Activation, dan Arrbey Consulting kini telah memasuki tahap bootcamp. Mengambil tempat di co-working spaceEztubizi, kemarin (16/7), diumumkan bahwa ada enam startup finalis yang berhak maju ke tahap bootcamp dan berkolaborasi dengan Foxy Tech Ladies. Enam startup tersebut adalah Pedava, Kostoom, Lumi Glass, Barber Ranger, Antik Mebel, dan Alim.

SPICA Runaway adalah kompetisi startup yang digagas oleh POPULAR, Gaharu Activation, dan Arrbey Consulting sebagai bentuk dukungan terhadap target 1000 startup di tahun 2020 yang dicanangkan pemerintah. Rencananya kompetisi ini akan diadakan setiap tahun untuk mencari startup paling bersinar dan berkualitas. Di tahun pertamanya, SPICA Runaway fokus pada industri gaya hidup dan hiburan yang meliputi bidang fashiontravel, hiburan, jasa, dan kuliner.

Selain melibatkan perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi, SPICA Runaway juga melibatkan sejumlah Foxy Tech Ladies untuk berpartisipasi aktif dalam bisnis startup bersangkutan. Para Foxy Tech Ladies ini merupakan talenta-talenta majalah POPULAR yang memiliki latar belakang bisnis di bidang gaya hidup dan hiburan.

CEO Papillon Grup, yang merupakan induk usaha POPULAR, Vicky G. Saputra mengatakan, “Hal yang menarik dari SPICA Runaway adalah mengkolaborasikan finalis startup dengan para calon co-founder wanita dari talenta pilihan POPULAR dalam satu tim. Selain memiliki kemampuaan marketing dan digital influencer, mereka juga umumnya sudah aktif secara mandiri di bisnisnya masing-masing dalam berbagai bidang seperti kuliner, fashion, property, merchandising, marketing communication, atau lulusan perguruan tinggi dengan nilai sangat baik.”

Foxy Tech Ladies dan perwakilan Gaharu, Imelda Sparks Fashion Academy, Papillon Academy, dan Arrbey Consulting / DailySocial

SPICA Runaway sendiri terbagi dalam beberapa tahap, dimulai dari Talent Screening, Startup Screening, Speed Dating, Bootcamp, Pitching, Exhibition, CEO Runaway Dialog, dan Awarding.

Setelah melalui proses seleksi, terpilih enam finalis startup untuk mengikuti fase Speed Dating dan dipasangkan dengan para Foxy Tech Ladies. Setelah itu, enam finalis dan Foxy Tech Ladies ini berhak untuk mengikuti fase bootcamp yang akan berjalan selama satu minggu penuh.

Berikut ini adalah daftar lengkap enam finalis startup yang maju ke tahap bootcamp SPICA Runaway:

  • Pedava: Situs belanja online yang menawarkan barang berupa set fashion dengan berbagai gaya.
  • Kostoom: Platform yang menghubungkan konsumen dengan penjahit yang terdaftar di seluruh Indonesia.
  • Lumi Glass: Bagian produk dari Hologram Indonesia yang merubah kaca menjadi media touch screen sehingga memberikan user experience berbeda.
  • Barber Ranger: Mengembangkan aplikasi yang dapat memesan pemangkas rambut ke rumah untuk memberikan layanan pangkas rambut.
  •  Antik Mebel: Platform e-commerce yang menawarkan furniture unik dengan harga terjangkau.
  • Alim: Startup yang mengembangkan search engine untuk membantu meningkatkan kinerja pelaku usaha di sekitar lokasi pengguna.

Puncak acara SPICA Runway akan digelar pada 25 Mei 2016 bertempat di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Selain kompetisi, akan diadakan juga CEO Runway Dialog dengan topik "Road to 1000 StartUps" yang akan melibatkan para CEO perusahaan ternama. Talkshow ini nantinya hanya terbatas untuk tamu undangan, meski demikian rencanannya juga akan disiarkan melalui televisi swasta nasional.

_ Disclosure: DailySocial adalah strategic partner SPICA Runway 2016

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again