1. Lifestyle

Komposer Minecraft dan Plants Vs. Zombies Mengembangkan Game Baru

Siapa yang belum pernah mendengar Plants Vs. Zombies, Penny Arcade, To The Moon, Minecraft hingga World of Warcraft? Apakah Anda tahu mereka memiliki sebuah persamaan? Theme-song dan soundtrack game-game yang disebutkan ini ternyata dibuat oleh orang yang sama, Laura Shigihara. Wanita berdarah Prancis-Jepang ini dikabarkan sedang membuat game buatannya sendiri, ia menamainya Rakuen.

Menurut rencana Shigihara, Rakuen akan mengadopsi formula yang kita temui pada game-game klasik seperti Maniac Mansion, To The Moon dan elemen eksplorasi The Legend of Zelda: Link to the Past. Berbicara pada GameInformer, Laura menjelaskan visinya tentang Rakuen:

"Rakuen adalah game petualangan yang menitikberatkan cerita, ia mengisahkan tentang seorang Anak (Laura menyebutkan nama sang protagonis dengan huruf besar; 'Boy', bukan 'boy') yang bosan hidup di dalam rumah sakit, ia meminta sang ibu untuk membawa dirinya ke dunia fantasi dari buku cerita favoritnya. Di sepanjang game, sang Anak mulai mempelajari dan mengenal pasien-pasien lain yang hidup di sekitarnya. Tiap-tiap mereka menyimpan rahasia dan perjuangannya masing-masing, semua 'terikat' pada rumah sakit aneh ini. Untuk membantu sesamanya, sang anak mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang empati, harapan, dan apa artinya meninggalkan warisan untuk tetap dapat melanjutkan kisah ini."

Bagian terakhir penjelasannya memang terdengar sureal, namun untuk saya sendiri Rakuen mengingatkan pada The Longest Journey - apalagi ia membahas 'mimpi' dan 'dunia fantasi'.

Laura Shigihara memulai kecintaannya pada videogame semenjak kecil. Ia telah berlatih piano selama 11 tahun dan juga mahir memainkan gitar dan drum. Saat kuliah, ia belajar mencampur, mengkomposisi dan memproduksi soundtrack-soundtrack game tua dan menyajikannya secara lebih modern. Selain komposisi lagu, Laura juga ahli dalam programming dan desain. Untuk mengerjakan Rakuen, ia turut mengajak sesama mantan staf Electronic Arts, Emmy Toyonaga. Emmy bertanggung jawab dalam pembuatan karakter in-game yang disajikan secara pixel art.

Belum ada tanggal pasti perilisan Rakuen, rencananya game ini akan diluncurkan untuk platform PC, namun tidak menutup kemungkinan untuk dirilis di platform lainnya. Laura Shigihara juga telah merilis sebuah lagu single yang dibuat khusus untuk Minecraft berjudul Cube Land. Silakan nikmati di bawah ini.

Sumber gambar header: Flickr. Sumber gambar lainnya: projectrakuen.files.wordpress.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again