1. DScovery

3 Kondisi Mental yang Paling Sering Dialami di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

Simak tiga jenis kondisi mental yang sering dialami karyawan

Saat bekerja, kesehatan jasmani ternyata bukan hanya satu-satunya aspek yang harus kita jaga. Kesehatan mental juga harus dilindungi, karena berpengaruh besar terhadap kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan melakukan pekerjaan secara maksimal.

Menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja sangat penting untuk dilakukan, karena pikiran yang sehat pasti akan membantu kita menciptakan lingkungan kerja positif, membangun hubungan lebih sehat dengan rekan kerja, dan tentunya bisa menciptakan hasil kerja yang memuaskan.

Namun demikian, ada beberapa kejadian di mana karyawan tak mampu menjaga kondisi kesehatan mental di tempat mereka bekerja. Alasannya bisa banyak, seperti load pekerjaan yang semakin meningkat, lingkungan kerja yang tidak mendukung perkembangan individu, masalah pribadi, dan masih banyak lagi. Beberapa di antara kondisi ini bisa berisiko terhadap produktivitas kerja mereka. Merangkum berbagai sumber, ada tiga jenis kondisi kesehatan mental yang paling sering dialami karyawan saat bekerja. Berikut beberapa di antaranya.

Burnout

Burnout adalah kondisi emosional yang disebabkan oleh stress berkepanjangan akibat beban kerja yang menggunung. Biasanya, burnout berlangsung ketika karyawan memiliki load dan deadline pekerjaan dalam jumlah besar, atau bahkan mengerjakan pekerjaan yang mana seharusnya bukan tanggung jawab dia di tengah load yang semakin banyak.

Jika tidak ditanggulangi, burnout bisa berpengaruh pada kesehatan jasmani serta memperburuk kondisi emosional, sehingga orang yang mengalami burnout bisa tidak semangat untuk bekerja karena produktivitas dan semangat yang menurun drastis.

Anxiety

Anxiety atau kecemasan adalah respons emosional yang dialami akibat stress yang berlangsung di tempat bekerja. Biasanya, perasaan ini terjadi ketika sesuatu yang buruk telah terjadi atau bisa menjadi sebuah ketakutan akan kejadian yang sama bisa terulang kembali.

Di lingkungan kerja, anxiety menjadi salah satu kondisi yang paling sering dialami banyak karyawan. Biasanya, perasaan ini terjadi akibat stress yang berkaitan dengan pekerjaan, pikiran-pikiran insecurity di mana mereka ketakutan bisa kehilangan pekerjaan tersebut, tekanan dari atasan, tindakan bullying serta tidak adanya work life balance.

Demotivation

Demotivation atau kita sering dengar dengan istilah "demot" adalah perasaan emosional di mana semakin kurangnya motivasi dan antusiasme saat bekerja. Kejadian ini bisa berlangsung ketika karyawan mengalami burnout berkepanjangan, atau juga diikuti dengan beberapa penyebab lain.

Biasanya, demot terjadi ketika karyawan kekurangan tujuan dari pekerjaannya, atau bisa juga mengalami kebosanan berkelanjutan, kurangnya apresiasi dari atasan, adanya konflik internal yang berlangsung di dalam perusahaan, atau juga tidak adanya kontrol dari atasan terhadap pekerjaan karyawan tersebut.

Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Ada banyak cara untuk menjaga dan mengatasi kondisi kesehatan mental seperti burnout, anxiety, atau demotivation saat kita berada di lingkungan kerja.

Lakukan aktivitas positif seperti berolahraga, bersosialisasi dengan teman dekat, atau juga melakukan hobi yang paling kita gemari. Namun jika itu dirasa belum cukup, kamu juga bisa bercerita dalam sesi konseling bersama psikolog lewat Riliv, platform kesehatan mental di Indonesia.

Tak cuma meditasi, kamu juga bisa melakukan kegiatan self care lainnya seperti meditasi, olahraga, istirahat, dan membaca untuk mencapai state of mindfulness yang maksimal.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kondisi kesehatan mental yang bisa berdampak negatif pada pekerjaan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk jawaban dari kuis #NgabubureaDS hari Rabu, tanggal 05 April 2023 di akun Instagram DailySocial.id pada postingan ini: https://www.instagram.com/p/CqpljxyKbhO/

Hadiah:

Voucher membership self care GRATIS dari Riliv untuk 7 orang pemenang!

Syarat dan Ketentuan: 

  1. Periode Quiz #2: 05 April 2023-10 April 2023
  2. Follow akun @dailysocial.id
  3. Tulis jawaban yang tepat di kolom komentar pada postingan ini:
    https://www.instagram.com/p/CqpljxyKbhO/
  4. Mention teman kamu di kolom komentar
  5. Sertakan hashtag #ngabubureaDS
  6. Pastikan akun tidak di-private ya :)
  7. Jawab sebanyak-banyaknya!
  8. Pemenang akan diumumkan pada hari Senin, 10 April 2023 melalui akun Instagram @dailysocial.id saat Live Instagram bersama Riliv.

Tentang #NgabubureaDS:

Merayakan bulan Ramadan ini, DailySocial.id hadir dengan kampanye #NgabubureaDS yang akan menemani kamu selama bulan Ramadan. Akan ada beragam aktivitas yang kita lakukan, yaitu kuis berhadiah setiap minggunya dan dapatkan hadiah voucher dari berbagai partner kami setiap hari Rabu secara GRATIS.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again