16 February 2017

by Glenn Kaonang

Konten Video di Facebook Kini Diputar Otomatis Bersama dengan Audionya

Juga terdapat fitur picture-in-picture sehingga pengguna dapat tetap menonton video selagi lanjut melihat-lihat konten lain di News Feed

Semakin hari, News Feed di Facebook saya semakin penuh dengan video, dan saya pun otomatis jadi lebih banyak menonton video ketimbang membaca curhatan orang-orang. Belakangan ini Facebook sendiri memang cukup fokus pada konten video, dan mereka baru saja meluncurkan sejumlah pembaruan demi menyempurnakan pengalaman pengguna.

Pembaruan yang pertama adalah autoplay video dengan suara otomatis dijalankan. Sebelum ini, video-video di Facebook memang akan diputar dengan sendirinya, namun audionya dalam posisi mute. Untuk bisa mendengarkan audionya, pengguna harus mengkliknya terlebih dahulu.

Sekarang, audio akan diputar bersamaan dengan videonya, tanpa mengharuskan pengguna untuk mengkliknya terlebih dulu. Pun begitu, Anda yang tidak suka dengan pembaruan ini tak perlu khawatir sebab audio tetap tidak akan terdengar apabila ponsel dalam posisi silent, atau Anda juga bisa mematikan fitur ini secara manual lewat menu pengaturan.

Yang kedua, tampilan preview video vertikal kini jauh lebih optimal di layar ponsel, tidak lagi berbentuk kotak dan terpotong banyak, baik untuk platform Android maupun iOS. Namun untuk bisa menontonnya dalam tampilan penuh, pengguna masih harus mengklik video tersebut.

Tampilan fitur picture-in-picture pada aplikasi ponsel Facebook / Facebook

Yang ketiga dan yang tak kalah menarik adalah semacam fitur picture-in-picture, dimana pengguna dapat memperkecil jendela video dan menempatkannya di bagian ujung manapun supaya mereka tetap bisa melihat-lihat konten lain di News Feed tanpa menutup video tersebut.

Khusus untuk pengguna perangkat Android, mereka bahkan masih bisa menonton video di luar aplikasi Facebook selagi membalas pesan teks atau browsing misalnya. Lalu untuk mematikannya, tinggal geser jendela video kecil tersebut ke simbol "X" yang ada di bagian bawah.

Terakhir, Facebook akan merilis aplikasi khusus untuk sejumlah platformsmart TV, yakni Apple TV, Amazon Fire TV dan Samsung Smart TV – platform lainnya akan menyusul. Facebook sepertinya tidak rela pengguna hanya membuka Netflix atau YouTube saja di TV-nya masing-masing.

Sumber: Facebook.