1. Startup

Koprol for Business telah hadir

Bertempat di Trans Force Grand Indonesia, Yahoo! Koprol, sebagai bagian dari jaringan Yahoo! global, meluncurkan produk Yahoo! Koprol for Business hari Kamis (17 Februari). Koprol for Business menyediakan solusi yang terjangkau dan efektif bagi pemilik usaha, terutama usaha kecil menengah (UKM).

Peluncuran produk ini diawali dengan talkshow dengan narasumber Sandiaga Uno, mantan Wakil Ketua Kadin Bidang UKM, Pandji Pragiwaksono, artis dan penggiat social media, dan Satya Witoelar dari Yahoo! Koprol Indonesia. Topik pembicaraan tentu tidak jauh-jauh dari kegiatan UKM dan permasalahannya, social media dan kegunaannya, serta berikutnya ditutup dengan Koprol sebagai suatu solusi social media yang dapat memberikan suatu manfaat bagi kegiatan bisnis UKM.

Koprol sendiri sejak lama telah digunakan oleh berbagai macam perusahaan besar, seperti Telkomsel, Java Jazz, Pocari Sweat, Nexian, ataupun AHA dari Bakrie Connectivity. Alasan perusahaan tersebut menggunakan Koprol sebagai sarana berinteraksi di ranah social media, selain Facebook dan Twitter, adalah karena keunikannya sebagai sarana melakukan engagement dengan komunitas dan berkomunikasi dengan pengikutnya.

Menyadari potensi Koprol untuk lebih dari sekedar alat social media, Koprol berusaha merangkul komunitas bisnis dengan meluncurkan Koprol for Business. Seperti yang dijelaskan oleh Satya, ada sejumlah hal yang ditawarkan Koprol for Business ini. Hal yang pertama adalah membuat profil bisnis, di mana pemilik usaha dapat melakukan percakapan dengan para pengikutnya, mengkustomisasi foto dan latar dinding, serta memonitor statistik dari pengikut.

Berikutnya adalah mengklaim lokasi (Koprol places) dan memastikan segala detil tentang usaha Anda termutakhirkan, dan yang terakhir adalah bagaimana berkomunikasi dengan pengunjung (visitor). Visitor adalah orang yang sambil lalu, belum menjadi penggemar atau pengikut, di mana terdapat potensi ke arah situ jika Anda mampu membuat engagement yang menarik dan berkesan bagi mereka. Koprol for Business memungkinkan dibuatnya sticky post, di mana pesan yang tertampil untuk tiap-tiap lokasi gerai/tempat usaha Anda dapat berbeda-beda. Contoh misalnya jika diskon hanya berlaku untuk toko di Jakarta, tapi tidak di Surabaya, hal seperti ini dapat ditangani dengan baik.

Mengapa Anda perlu menggunakan Koprol for Business? Perlu Anda ketahui dahulu potensi yang dimiliki oleh Koprol. Saat terdapat hampir 1.5 juta pengguna Koprol. Jumlah ini menjadikan Koprol sebagai situs social media terbesar ketiga di Indonesia. Anda tentu tidak mau melewatkan kesempatan pemasaran secara viral terhadap sebegitu banyak orang yang berkumpul di sini bukan?

Jaman sekarang, hal yang paling dipercaya oleh konsumen, bukan lagi janji-janji manis iklan suatu produk. Rekomendasi melalui teman yang terkumpul di halaman profil Koprol for Business Anda tentu menjadi jaminan penyebaran viral produk Anda ini. Modal mungkin cukup minimal tapi mendapatkan hasil yang optimal. Yang terakhir, Koprol menjamin bahwa kualitas layanannya memiliki dukungan lokal berkelas global, terutama dengan naungan nama besar Yahoo!.

Makin menarikkah produk ini? Anda mulai bertanya-tanya soal masalah harga? Jangan khawatir. Semua ini dihargai secara GRATIS oleh Koprol. Anda dapat mendaftarkan tempat usaha Anda sekarang dan menikmati benefitnya. Ingin lebih dari yang ditawarkan? Sabar. Koprol menjanjikan layanan premium untuk korporasi yang ingin pihak Koprol terlibat lebih jauh dengan strategi pemasaran dan promosinya. Tapi hal ini belum dirilis resmi sekarang meskipun dijanjikan akan segera hadir. Anda yang ingin tahu lebih banyak soal layanan premium Koprol for Business dapat mengontak alamat email yang tertera di kanan bawah halaman Koprol for Business.

Khusus bagi yang mendaftar Koprol for Business hari ini dan termasuk yang disarankan oleh orang yang datang di acara tadi, Koprol mengadakan kontes untuk memilih tiga akun terbaik. Peraturannya cukup mudah. Pemenang akan dipilih berdasarkan kreatifitas (dan tentu saja cukup aktif kegiatannya) selama jangka waktu satu bulan, terhitung per hari ini, 17 Februari hingga 17 Maret mendatang. Hadiah yang diberikan cukup menarik, tempat usahanya akan mendapatkan seksi khusus sebagai feature di halaman depan Yahoo! Indonesia dan Yahoo! Indonesia Newsroom.

Apakah menurut saya idenya menarik? Ya, tentu saja. Mungkin ide ini bukanlah ide baru. Foursquare sudah memanfaatkannya sejak tahun 2009. Saingannya sendiri di ranah lokal pun cukup banyak, misalnya penyedia layanan direktori kota macam Urbanesia. Tantangannya tentu tidak mudah.

Buat saya yang paling penting Koprol mampu meyakinkan pemilik usaha bahwa orang-orang yang sudah bergabung dengan Koprol akan memanfaatkan ketersediaan akun bisnis untuk berkomunikasi dan melakukan engagement demi benefit yang lebih baik bagi tempat usaha atau UKM itu sendiri. Profil bisnis yang ada di Koprol harus menjadi corong layanan konsumen, tempat memberikan review dan masukan, serta tempat memberikan informasi promosi dan lokasi. Ide monetisasi dengan layanan premium Koprol for business tentu layak ditunggu, karena dari sini Koprol tidak hanya bertindak sebagai media penyedia layanan social media tapi juga sudah menyerempet ke ranah digital agency.

Bagaimana menurut Anda, apakah penjabaran Koprol tersebut membuat yakin produk  ini adalah salah satu sarana tepat untuk memperluas pasar dan memperkuat brand image usaha Anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again