16 June 2014

by Yoga Wisesa

KOR-FX, Aksesori Rompi Canggih Pelengkap Dalam Menikmati Video Game

Headset virtual reality diciptakan untuk menyajikan konsumen pengalaman baru dalam menyelami dunia digital, dengan level interaktivitas yang ditingkatkan. Tapi bagaimana dengan apa yang kita rasakan? Tim developer asal Cambridge menciptakan suatu alat yang memungkinkan tubuh kita merasakan apa yang terjadi dalam dunia virtual. Device ini dinamakan KOR-FX.

KOR-FX merupakan aksesori berbentuk rompi pertama yang dilengkapi dengan teknologi feedback haptic. Anda ingat bagaimana controller DualShock atau Xbox akan merespon efek yang diterima pemain, seperti tembakan atau ledakan? Pada dasarnya, KOR-FX melakukan hal yang sama, namun mampu memberikan sensasi itu di tubuh sang gamer.

Bedanya, KOR-FX tidak memanfaatkan teknologi rumble pack. Teknologi ini menggunakan motor yang berputar untuk menciptakan getaran. Para pencipta KOR-FX mengusung teknologi yang cukup baru untuk mensimulasikan sensasi di tubuh penggunanya, ia dinamai acousto-haptic. Teknologi tersebut menggunakan suara dan perangkat transducers khusus untuk menciptakan efek haptic yang akurat.

 

Info menarik: Driver Resmi Xbox One Controller Untuk Windows PC Sudah Tersedia

 

Jenis output tersebut akan menggema di rongga dada, mengubah tubuh menjadi instrumen yang memungkinkan Anda merasakan apa yang terjadi di lingkungan virtual dengan hasil yang tajam dan akurat.

Bayangkan betapa bergunanya KOR-FX dalam bidang gaming kompetitif atau singleplayer seperti Counter-Strike: Source, Call of Duty atau Arma. Anda bisa merasakan datangnya kendaraan musuh, merasakan efek derapan kaki mereka saat mencoba mengapit posisi Anda, dan dari mana arah peluru penembak jitu musuh yang bersembunyi.

Sang developer menganalogikan pengalaman menggunakan KOR-FX seperti saat pertama kali menyaksikan film di resolusi HD - menyajikan tingkat realisme yang kita tidak sadar bisa kita dapatkan. KOR-FX sendiri sudah sangat mengasyikkan jika digunakan untuk menikmati game di depan komputer atau di ruang keluarga, bayangkan canggihnya jika Anda memadukannya dengan headset berteknologi virtual reality dan juga sistem motion-tracking lain.

Tidak ada kebutuhan khusus untuk memasangnya, Anda hanya perlu menyambungkannya ke sistem hardware apapun untuk menggunakan KOR-FX. Rompi canggih ini kompatibel dengan platform console, tablet, PC, Mac dan seluruh perangkat yang memiliki slot audio 3,5 milimeter.

 

Info menarik: Control VR, Sistem Kontrol Intuitif Pertama Untuk Perangkat Virtual Reality

 

Anda bahkan tidak perlu menginstal software agar KOR-FX bisa bekerja. Tapi Anda bisa mengkustomisasi efek yang dikeluarkannya - pengguna sendirilah yang akan menentukan seberapa besar pengalaman dan efek virtual yang akan mereka dapatkan.

Karena perangkat ini dapat dikustomisasi sedemikian rupa, masukan serta informasi dari komunitas sangat bermanfaat bagi pengembangannya. Developer berharap para pengguna dapat saling berbagi data setting serta setup untuk tiap game dan software berbeda, hal ini akan mendorong lebih banyak pengguna berkolaborasi ke dalam ekosistemnya, dan juga saling mempermudah.

Selain jack audio 3,5 milimeter, KOR-FX juga disertai dongle wireless. Untuk mengoprasikannya, Anda membutuhkan empat buah baterai rechargeable standar berukuran AA. Alat ini memiliki dua buah komponen utama, rompi dan Transmitter Dongle.

Transmitter tersambung ke device utama dengan audio jack, kemudian rompi KOR-FX akan terhubung dengan Transimtter secara nirkabel. Anda hanya perlu melakukan pairing satu kali, dan KOR-FX siap digunakan. Karena bagian rompi dirancang dengan ringan dan tidak memiliki kabel, Anda bebas bergerak saat mengenakannya.

Silakan simak pengakuan orang-orang yang telah menjajalnya dalam demonstrasi KOR-FX di acara SXSW Gaming Expo 2014.

Sumber: Kickstarter.com.