1. Startup

Krazymarket Kini Tampil Bersih dan Tagline Baru

Persaingan di e-commerce memang cukup ketat, bukan hanya tentang bagaimana mendapatkan user dan para penjual tetapi juga tentang bagaimana mengkreasikan bisnis online menjadi menarik dan mencoba berbeda dari apa yang sudah ada di pasar.

Menjadi berbeda adalah salah satu yang, nampaknya sedang di kejar oleh KrazyMarket. Ketika persaingan menjadi begitu ketat, dan para pemain di pasar online semakin banyak, baik dengan dukungan modal besar maupun mereka yang bergerak di pasar niche, maka menjadi berbeda di mata konsumen dan pedagang adalah keharusan.

KrazyMarket mengubah tampilan situs mereka. Tampilan KrazyMarket yang baru ini menjadi lebih bersih, dengan dominan background putih yang memberikan fokus pada barang unggulan yang sedang dijual.

Sepertinya dominasi background putih serta grid yang tidak terlalu menumpuk menjadi pilihan beberapa pelaku pasar online. Jika sebagaian lain membuat desain mereka layaknya pasar, terkesan ramai, beberapa pelaku pasar online justru menyerdehanakan tampilan mereka, salah satunya Plasa.com yang selain juga di dominasi warna putih, abu serta oranye serta jauh dari kesan menumpuk.

Jenis konsumen memang berbeda, ada yang menyukai layout yang rapih dan terkesan bersih tapi ada juga yang menyukai tampilan yang ramai, riuh dan terkesan heboh. KrazyMarket memilih untuk merapihkan tampilan mereka dan berkonsentrasi untuk melayani niche market.

Kenapa, karena kini mereka merubah tagline dari Indonesia's 'Online Marketplace' menjadi 'Specialty Goods, Krazy Deals'. Dari tagline-nya bisa kita simpulkan bahwa kini KrazyMarket tidak lagi melayani pasar luas atau pasar umum, seperti halnya beberapa pelaku pasar online yang ada, tetapi lebih fokus pada barang-barang khusus.

Dari situs resminya, KrazyMarket menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan khusus atau specialty adalah barang-barang berkategori niche/spesifik, pernak-pernik unik, berbagai barang koleksi serta termasuk barang-barang yang sulit ditemukan seperti koin-koin kuno hingga sneakers edisi terbatas.

Meski belum terlalu terlihat dari barang-barang yang dijual, karena masih juga terdapat beberapa barang 'modern' atau brang umum yang juga terdapat di pasar online lain, tapi beberapa barang unik yang memang menyasar pasar niche seperti setrika tua, keris, serta telepon kuno sudah terpampang dan siap dijual.

Kalau dilihat dari konsumen, sebenarnya menyasar pasar niche bisa jadi menjanjikan, para konsumen yang senang dengan barang unik, barang special termasuk barang limited edition biasanya mempunyai daya beli yang cukup besar, dan barang unik biasanya tidak banyak penjualnya, jadi KrazyMarket bisa menjadi tujuan utama bagi konsumen yang ingin mendapatkan barang-rabang dengan kategoti specialty.

Permasalahannya adalah, seberapa besarkah pangsa pasar untuk barang specialty ini dan seberapa interest konsumen seperti dengan niche market seperti ini dalam berbelanja menggunakan internet? Di tengah bisnis online yang, meski sudah terus membaik, tapi masih terus harus mengedukasi konsumen tentang berbagai kemudahan yang ditawarkannya, bermain di niche market perlu usaha yang cukup besar.

Belum lagi perubahan seperti ini bisa juga berpengaruh dengan para pedagang yang telah lama membuka toko mereka di Krazymarket, bisa jadi mereka yang bermain di pasar umum atau kategori massal akan mencari apa yang lebih sesuai.

Salah satu ketidaknyamanan yang saya dapatkan ketika browsing barang di adalah tampilan foto produk yang kurang pas ukurannya sehingga tampak tidak proporsional, bisa jadi mungkin ini dikarenakan foto yang dari penjual yang bersangkutan, tapi beberapa tampilan foto produk yang ada di homepage mereka, sepertinya harus diperbaiki.

Yang pasti, saya sendiri sangat suka dengan perubahan, membuka resiko terkadang memberikan petualangan baru, termasuk juga di dunia bisnis, meski perubahan memang tetap harus terukur dan diperhitungkan. Mari kita sama-sama lihat perkembangan selanjutnya dari KrazyMarket, bagaimana perubahan ini akan berdampak bagi skala bisnis mereka.

Sambil menungu perkembangan yang pasti akan di kabarkan oleh DailySocial, mari share pendapat anda tentang perubahan di KrazyMarket, bagaimana pendapat anda tentang perubahan ini? Apakah akan membawa kesuksesan pada KrazyMarket, atau justru akan mengecilkan pangsa pasar mereka. Anda bisa memberikan pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again