Krazymarket Lakukan Pivot, Kini Tawarkan Model E-commerce Mirip Pinterest

Krazymarket Lakukan Pivot, Kini Tawarkan Model E-commerce Mirip Pinterest

Screen Shot 2012-08-20 at 11.01.39 PM
Screen Shot 2012-08-20 at 11.01.39 PM

Krazymarket telah melakukan pivot beberapa kali sejak layanan ini diluncurkan untuk publik pada tahun 2009. Situs ini diluncurkan pertama kali sebagai situs e-commerce umum sebelum akhirnya banyak pemain besar yang masuk ke segmen e-commerce, dan akhirnya mereka beradaptasi. Lagi, dan lagi.

Tidak lama setelah bisnis e-commerce mulai memanas, Krazymarket yang dulu didominasi dengan penjualan smartphone dipaksa mengubah fokus mereka ke situs e-commerce yang spesifik pada barang-barang koleksi. Mainan, barang antik, barang koleksi, kerajinan tangan, dan barang-barang yang pada dasarnya tidak bisa ditemukan di situs e-commerce kebanyakan.

Krazymarket menjauh dari barang-barang umum seperti gadget, elektronik, fashion yang mendominasi barang jualan di situs e-commerce besar, dan beralih dengan menawarkan barang untuk pelanggan mereka yang fanatik, penggemar dan suka dengan barang tertentu, situs ini tumbuh dengan baik.

Rupanya Krazymarket, membutuhkan sesuatu yang lebih radikal untuk layanannya. Mereka butuh untuk menemukan model baru untuk meningkatkan transaksi dan menawarkan produk yang tidak dimiliki oleh situs lain. Jadi, beberapa minggu kemarin Krazymarket memutuskan untuk menempuh jalan lain dan hadir dengan konsep baru lainnya untuk model e-commerce.

Ketika Anda mengunjungi situsnya, akan sangat jelas bahwa desain barunya mengingatkan Anda pada situs Pinterest. Kotak besar yang menampilkan gambar produk, tampilan yang bersih, minimal alih-alih tampilan ‘klasik’, situsnya kini sangat nyaman dijelajah. Situs baru mereka menjanjikan bantuan visual bagi orang ytng tertarik untuk membeli barang yang dijual di Krazymarket, dan mereka menjual barang-barang yang dijual dengan cepat, ini adalah model transaksi cepat layaknya Pinterest.

Secara mendasar, situs Krazymarket kini diisi oleh berbagai gambar bagus dari berbagai produk, elektronik, gadget, aksesoris, mobil, fashion, dll, tetapi bukan barang-barang yang bisa ditemukan ditempat lain. Ini telah menjadi kekuatan dari layanan Krazy,arket, yaitu kemampuan untuk menemukan barang yang tidak dijual oleh orang lain. Anda bisa melakukan klik pada gambar yang ada, tetapi tidak seperti TheFancy, semua barang di situsnya di jual!

Setiap barang bagus yang didisplay di situs Krazymarket dijual, beberapa dari mereka telah ludes terjual, beberapa dari barang-barang ini masih dijual dalam beberapa hari ke depan. Bahkan jika mereka tidak menjual barang dengan cukup mudah, beberapa barang keren yang ada disitusnya bisa memacu pengguna untuk membagikannya ke teman mereka. Ini adalah ide dasar dari Pinterest dan TheFancy, memperlihatkan barang keren yang secara suka rela akan ada informasikan ke teman-teman Anda dan jika produk ini banyak yang berminat, barang tersebut bisa dijual.

Pendapat personal, saya pikir Krazymarket mungkin adalah situs e-commerce paling inovatif, meski dari pandangan lain mereka bisa dilihat sebagai perusahaan yang belum mapan dan masih mencari karakter mereka sediri. Saya pikir, ‘unik’ adalah karakter yang kuat dari Krazymarket, kekuatan mereka adalah menemukan barang yang tidak bisa dijual oleh perusahaan e-commerce lain. Dan model Pinterest ini adalah evolusi selanjutnya dari Krazymarket.

Disclosure, DailySocial dan Krazymarket diinkubasi oleh perusahaan yang sama.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…