1. DScovery

Kredit Aksep Adalah: Pengertian, Proses Kerja, Metode Penarikan, dan Pembatasan Penarikannya

Kredit Aksep adalah sistem peminjaman dana dengan jaminan pembayaran langsung dari pihak bank yang terkait.

Sebagai konsumen dalam industri perbankan, Anda pasti mengenal apa itu kredit atau pinjaman. Kredit aksep adalah salah satu dari banyak jenis kredit yang ditawarkan bank.

Kredit atau pinjaman biasanya dibagi menjadi bagian aktif dan pasif. Salah satu produk bank yang bersifat aktif adalah kredit aksep. Mungkin ada beberapa orang yang belum memahami definisi kredit aksep dan contohnya. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, lihat artikel selanjutnya!

Apa Itu Kredit Aksep?

Secara umum, kredit adalah pinjam yang diberikan oleh bank untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Salah satu jenis kredit yang paling umum adalah kredit aksep, yang termasuk dalam jenis aktif. Produk ini biasanya ditujukan untuk bisnis kecil dan kebutuhan nasabah lainnya.

Kredit aksep adalah jenis pembayaran berupa wesel yang dijamin oleh bank dari pemilik rekening individu. Perusahaan biasanya menggunakan kredit aksep untuk melakukan transaksi besar karena dianggap cukup aman. Di sisi lain, kredit aksep juga berfungsi sebagai warkat utang jangka pendek.

Bank memberikan pinjaman dalam bentuk kredit aksep berdasarkan nilai wesel yang dikeluarkan oleh nasabah. Setelah wesel diperjualbelikan oleh pihak terkait, uang tersebut diberikan kepada bank sebagai jaminan. Setelah proses ini selesai, bank akan memberikan kartu kredit kepada nasabah.

Proses Kerja Kredit Aksep

Kredit aksep dilakukan berdasarkan jumlah pinjaman yang diberikan bank kepada pelanggan yang berhak atas wesel.

Pihak terkait akan menjual dokumen wesel yang telah dikeluarkan kepada para nasabah terdaftar sebagai pinjaman bank. Setelah itu, pelanggan harus mengembalikan dokumen pengiriman barang yang telah disetujui kepada importir.

Bergantung pada permintaan masyarakat, transfer uang akan terjadi antar negara atau antara daerah. Klien kemudian akan menerima kartu kredit dari bank tanpa harus membawa uang tunai. Klien akan menerima jaminan berupa surat berharga selain kartu kredit.

Dengan mempertimbangkan proses kerja di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan aksep bank adalah untuk membantu kedua belah pihak mencapai tujuan masing-masing. Ini pasti akan berdampak pada ekonomi, baik debitur, masyarakat, maupun kreditur.

Penarikan Kredit Aksep melalui Metode Revolving

Kredit aksep adalah jenis pembayaran jangka pendek yang dijamin oleh bank. Oleh karena itu, jika bank terkait memberikan pemberitahuan terlebih dahulu, proses penarikan kredit akan berjalan dengan lancar. Untuk penarikan kredit, Tanda Terima Uang Nasabah (TTUN) adalah media yang digunakan.

Salah satu jenis produk bank yang menggunakan sistem revolving adalah pinjaman berbasis kredit aksep. Karena jenis pinjaman ini berjangka pendek, kamu akan dikenai bunga efektif selama sekitar enam hingga dua belas bulan sekali. Kredit Anda hanya dapat bertahan selama dua belas bulan.

Pembatasan Penarikan Kredit Aksep

Apa yang dimaksud dengan kredit aksep dan bagaimana provisi digunakan? Secara sederhana dan tepat, provinsi yang akan diberikan untuk prosedur penggunaan aksep bank minimal 1%, dengan sistem pembebanan yang ditetapkan untuk provinsi tersebut.

Selain itu, metode pelunasan aksep sangat sederhana karena seluruh pihak baki debet menggunakan kredit yang diberikan saat jatuh tempo untuk membayar. Berikut ini adalah batasan penarik kredit untuk aksep bank: 

  1. Pembatasan minimal untuk penarikan kredit aksep bank sebesar Rp.25.000.000.
  1. Pembatasan penarikan kredit tertinggi: Maksimal yang dapat digunakan oleh aksep bank untuk penarikan kredit adalah plafon kredit yang besar yang telah disetujui. 
  1. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kredit bank berkisar antara dua hari dan maksimal tiga hari, tergantung pada jangka waktu kredit yang telah ditentukan. 

Oleh karena itu demikianlah informasi menarik tentang penjelasan rinci dan akurat tentang apa itu kredit aksep dan bagaimana proses kreditnya bekerja sehingga kamu dapat memaksimalkan manfaatnya. Semoga informasi ini membuat masyarakat lebih mudah memilih. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again