20 January 2014

by Yoga Wisesa

Kualitas Grafis Masa Depan Besutan Nvidia: 1,5 Miliar Pixel Per Detik

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan kualitas grafis next-gen? Resolusi super-tinggi, refresh-rate mencapai ratusan MHz, jutaan polygon dalam satu karakter, efek cahaya, lensa dan shader super-kompleks yang pernah dibuat manusia hingga mata mengeluarkan air mata pelangi? Dalam Consumer Electronics Show 2014 lalu, Nvidia mencoba menjelaskan ('memamerkan' mungkin adalah kata yang tepat) apa yang mereka maksud dengan visual next-gen.

Untuk mencapai rekor baru tersebut, Nvidia bekerja sama dengan dua produsen barang teknologi mutakhir lain: Mereka meminta tiga buah layar besutan Panasonic yang masing-masing memiliki resolusi 4K berukuran 65-inci. Jangan khawatir, jika Anda tertarik untuk memiliki layar ini, Anda sudah bisa memesannya langsung dari Panasonic seharga US$ 30.000.

 

Info menarik: Google Kembangkan Lensa Kontak Penghitung Kadar Gula Darah

 

Tapi tentu saja layar yang indah (dan mahal) ini tidak banyak berguna jika tidak ada hardware yang menjadi pemasok tenaga utamanya. Berkolaborasi dengan Origin PC, mereka menambatkan empat buah kartu grafis Nvidia GTX Titan yang dipadu dengan teknologi SLI. Kemudian mesin 'canggih' ini mereka gunakan untuk menjalankan versi pre-release permainan Project CARS (Community Assisted Racing Simulator). Project Cars adalah game independen garapan Slightly Mad Studios dan ditujukan untuk para antusias balap 'hardcore', seperti seri Gran Turismo dan Forza Motorsport.

Beberapa hal yang membedakan Project CARS dari game sejenisnya adalah grafis dan tingkat realisme yang diklaim sangat menyerupai mobil sesungguhnya. Untuk mencapai hal tersebut, sang developer merangkul Ben Collins (mantan The Stig dari acara televisi Top Gear), Nicolas Hamilton dan adiknya sang bintang F1 Lewis Hamilton.

Dalam demo kecanggihan grafis next-gen ini, pengunjung diberikan sebuah controller untuk menjelajahi sirkuit virtual di atas sebuah mobil Pagani dua-kursi berwarna hijau neon. Nvidia tidak lupa menyempurnakan pengalaman 'mengemudi' ini dengan speaker stereo canggih untuk menghasilkan suara raungan mesin layaknya monster mobil buatan para teknisi jenius asal Itali tersebut.

Apa yang dimaksud dengan 4K itu sendiri? Ia adalah sebuah istilah industri untuk display HD terbaru dimana layar tersebut mampu menyajikan 4.000 pixel (atau lebih) dalam satu garis horizontal. Walaupun teknologi yang menyajikan video atau hasil grafis 4K sudah ada dan mulai terjangkau, menciptakan video 4K sendiri sangat sulit. Anda membutuhkan kamera-kamera teranyar dan PC kelas workstation untuk video-editing.

 

Info menarik: NZXT H440, Case PC Full-tower Dengan desain Simpel Namun Elegan

 

Namun yang tersulit adalah menciptakan pengalaman 'multimedia' dengan memanfaatkan jumlah pixel yang sangat tinggi itu, seperti contohnya video game. Kemampuan seperti ini bahkan masih belum terjangkau teknologi console yang ada sekarang.

Dengan tiga buah monitor 65-inci ini berarti Anda sedang melihat 1,5 miliar pixel dalam satu detik pada layar interaktif berkualitas 12K di 60 frame-rate per second. Seperti inilah teknologi visual yang bisa dihasilkan PC sekarang. Satu hal yang kita tunggu adalah saat dimana kita bisa mendapatkan semua kecanggihan ini denga harga yang masuk akal...

Di bawah ini adalah video liputan dari Unbox Therapy.

Via Blog Nvidia. Gambar header: Blog Nvidia. Gambar lainnya: Vyralize.com.