Categories

Berita

Kudo Dikabarkan Diakuisisi Grab Senilai 1,3 Triliun Rupiah

Prakiraan sementara, akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat penetrasi GrabPay dan R&D di Indonesia

Randi Eka - 13 February 2017

Sebagai upaya untuk memperdalam jangkauan pasar di Indonesia, Grab dikabarkan telah melakukan akuisisi terhadap Kudo, startup lokal yang memfokuskan pada pengembangan layanan assistive e-commerce. Nilainya berkisar $100 juta atau setara dengan Rp1.3 triliun.

Berita ini menjadi kabar yang cukup mengagetkan. Pasalnya startup yang didirikan oleh Albert Lucius dan Agung Nugroho di awal tahun 2015 ini (Kudo) menjelang akhir tahun lalu baru mengumumkan putaran pendanaan yang dipimpin oleh EMTEK, dengan nilai sekitar Rp 130 miliar. Menyusul pendanaan sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2015 oleh sejumlah investor, termasuk East Ventures dan GREE Ventures. Dengan pendanaan tersebut visi Kudo dalam memperluas pengadaan agen yang lebih masif di seluruh Indonesia.

Belum lama ini, untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis, Kudo juga “membajak” Sukan Makmuri untuk duduk di jajaran C-Level perusahaan. Menurut pemaparan Albert kepada DailySocial, perekrutan tersebut dilakukan karena Kudo membutuhkan skillset baru untuk mengakselerasi bisnis.

Sebelumnya Grab menyatakan komitmennya untuk menjadi bagian dari akselerasi ekonomi digital di Indonesia. Dihadiri langsung oleh Group CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan, Grab mengumumkan investasinya senilai $700 juta untuk pengembangan pusat inovasi selama 4 tahun ke depan. Rencana yang bernama “Grab 4 Indonesia” itu didukung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia.

Pembaruan layanan GrabPay sendiri sebagai layanan e-money mulai digencarkan di Indonesia, paling anyar peluncuran GrabPay Credit, dilakukan untuk mengukuhkan posisi GrabPay sebagai e-money yang mudah diisi ulang, melalui ATM atau minimarket. Inovasi berbasis fintech seragam dilakukan oleh para pemain bisnis transportasi berbasis aplikasi. Di Indonesia, lawan paling dominan adalah Go-Jek, yang saat ini juga tengah gencar memaksimalkan penetrasi pemanfaatan Go-Pay.

Dailysocial sudah menghubungi pihak Kudo untuk mencari konfirmasi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter