1. Lifestyle

Kumpulan Aplikasi Kalender Gratis Untuk PC

Otak merupakan anugerah yang tak pernah bisa digantikan, namun sudah kodratnya pula manusia sering lupa. Usia dan penyakit bertengger di posisi pertama sebagai faktor penyebab lupa. Tapi, dengan adanya teknologi piranti lunak yang kian berkembang Anda bisa memanfaatkan aplikasi kalender yang ditawarkan oleh beberapa pengembang.

Berikut ini adalah kumpulan aplikasi kalender gratis yang bisa Anda gunakan di komputer desktop ataupun notebook sebagai alat untuk mencatat event, jadwal atau catatan lain, sehingga lupa tak lagi menjadi kambing hitam tatkala semua terlewatkan.

CCalendar

CCalendar berada di urutan teratas karena memang aplikasi kalender yang satu ini menawarkan fitur yang lumayan lengkap untuk ukuran aplikasi gratis. Misalnya:

  • Tampilan kalender yang dapat dimodifikasi dari mulai harian, mingguan atau bulanan.
  • Mendukung integrasi ke akun Google, Yahoo dan iCloud
  • Mendukung layanan prakiraan cuaca
  • Bisa dicetak
  • Mendukung tool To Do
  • Diperkaya dengan fitur email, popup dan juga pesan teks

 

Info Menarik: Google Glass Akan Dirilis Secara Terbatas Tanggal 15 April Besok

 

CCalendar bisa diunduh dari web resminya di tautan ini, dan dapat digunakan di komputer berbasis Windows XP, Vista, 7 32-bit dan 64-bit. Sayangnya aplikasi ini tergolong tua dan belum pernah di-update sejak Rilis tahun 2012 lalu. Meski demikian, CCalendar tetap bisa Anda coba.

Destkop iCalendar Lite

Destkop iCalendar Lite menjadi aplikasi kalendar kedua yang menjadi rekomendasi TRL, kendati merupakan versi gratis aplikasi ini menawarkan fitur yang sudah cukup lengkap terutama untuk penggunaan personal.

Sebagaimana fungsi aplikasi kalendar, denganversi gratis Destkop iCalendar Lite ini Anda masih tetap dapat membuat jadwal, event baru, pengingat, integrasi dengan Google Task dan Google Calendar serta banyak lagi lainnya.

 

Info Menarik: SELFIE, Cermin Canggih untuk Anda yang Gemar Ber-selfie

 

Jika ditampilkan dalam gambar, seperti ini perbedaan versi gratis dan berbayar Destkop iCalendar Lite.

Aplikasi kalender Desktop iCalendar Lite dapat diunduh di tautan ini.

Efficient Calendar Free

Selanjutnya adalah Efficient Calendar Free yang bisa menjadi pilihan ketiga jika dua aplikasi kalendar gratis di atas tak mengakomodasi apa yang Anda inginkan.

Secara umum Efficient Calendar Free menawarkan fitur yang relatif sama dengan dua aplikasi di atas. Misalnya fitur pembuatan jadwal, pengingat dan juga event. Bedanya, aplikasi ini memiliki pilihan tampilan yang lebih banyak dengan total 10 gaya dan yang paling penting sepenuhnya gratis meskipun ditawarkan pula versi berbayarnya.

Terdapat fitur-fitur yang sangat membantu seperti Import dan Eksport, Backup dan Restore, Recycle Bin dan juga kebebasan untuk membuat jadwal sebanyak yang Anda butuhkan.

 

Info Menarik: Nokia Kantongi Persetujuan Otoritas Cina Untuk Berlabuh ke Microsoft

 

Kelebihan selanjutnya Anda bisa mengunduh Efficient Calendar Free versi portable yang lebih efisien. Anda tidak perlu menginstal aplikasi di komputer Anda, cukup simpan di flash disk atau memori lalu nikmati fitur yang sama.

Efficient Calendar Free versi instal bisa diunduh di tautan ini, sementara untuk versi portable silahkan ke tautan ini. Aplikasi ini berjalan sangat baik di sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows Vista dan Windows XP.

 

Itu tadi 3 pilihan aplikasi kalendar yang dapat TRL rekomendasikan, sebagai penutup TRL berikan satu rekomendasi pamungkas untuk Anda, yaitu Google Calendar.

Aplikasi berbasis web kepunyaan Google ini menawarkan fitur sederhana, tetapi cukup untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari terutama pengguna personal. Di Google Calendar Anda bisa membuat catatan pengingat baik event maupun tugas. Ingin mencoba? Silahkan ke tautan ini dan login dengan akun Google masing-masing.

Sumber gambar header Joe Lanman/Flickr.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again