Categories

Berita

Kurio Perkenalkan Aplikasi Tablet

Versi tablet untuk Android dan iOS ini memiliki antarmuka yang berbeda dengan versi smartphone, tersedia di publik dua minggu lagi

Adjie Priambada - 26 February 2015

Tim Kurio Menunjukkan Aplikasi Kurio Tablet / DailySocial

Kurio, aplikasi mobile untuk membaca berita (news reader), pada hari ini (25/2) memperkenalkan aplikasi mereka untuk perangkat tablet yang dapat berjalan pada platform Android dan iOS. Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, pada awal tahun 2015 Kurio memang berencana untuk merilis versi tablet untuk aplikasinya. Saat ini aplikasi Kurio versi tablet tersebut masih dalam tahap beta dan masih belum bisa diunduh secara bebas di toko aplikasi.

Ketika ditanya apa bedanya antara aplikasi versi tablet dan versi smartphone ini, Co-Founder dan CEO Kurio David Wayne Ika mengatakan, “Yang pasti bedanya berada di user experience dan user interface-nya. Namun, secara fungsi dan fiturnya akan tetap sama dengan versi smartphone.”

Tampilan antarmuka aplikasi Kurio untuk perangkat tablet ini memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan versi untuk mobile. Ketika mencoba secara langsung, perbedaan yang paling terlihat jelas adalah susunan kolom berita dan juga susunan menu untuk kategori beritanya. Jika pada smartphone kolom berita hanya ada satu, di tablet terdapat dua kolom untuk berita dan terdapat semacam sub menu pada bagian pojok kiri bawahnya.

Selain itu, menu untuk kategori berita, yang menurut saya adalah ciri khas Kurio, juga mengalami perubahan. Jika pada perangkat mobile menu kategori tampil seperti “kipas yang dibuka setengah penuh”, pada perangkat tablet menu kategori tersebut tersusun rapih seperti daftar menu biasanya. Meskipun saya menyayangkan keputusan ini, namun hal tersebut memang perlu dilakukan mengingat ukuran tablet yang berbeda jauh dengan smartphone.

Kurio Tablet Android dan iPad version

Perubahan antarmuka terhadap perangkat tablet yang ukurannya lebih besar dari smartphone memiliki nilai lebih tersendiri. David mengungkapkan bahwa dengan perbedaan ukuran tersebut, tim desain dan konten dapat lebih “bermain” dengan konten dan layout itu sendiri.

“Di perangkat smartphone ada keterbatasan. Kalau di tablet, karena layarnya lebih besar kita bisa lebih ‘bermain’ secara konten dan layout. Jadi alternatif kita untuk menampilkan sebuah konten di Kurio ada lebih banyak,” ujarnya.

Sehubungan dengan aplikasi ini yang masih berada dalam tahap beta, Kurio versi tablet ini juga memiliki kekurangan lain yaitu baru dapat dibaca pada posisi portrait. David pun mengakui hal ini, oleh karena itu saat ini aplikasi Kurio masih akan lebih dikembangkan lebih lanjut dan direncanakan untuk baru resmi meluncur dua minggu setelah diperkenalkan pada hari ini.

Kurio yang resmi meluncur pada bulan September tahun lalu dan mengantongi pendanaan dari Cyber Agent Ventures (CAV), sebelumnya juga sudah melakukan pembaruan besar-besaran untuk perangkat mobile-nya. Di tahun 2015 ini Kurio akan tetap memfokuskan untuk meningkatkan awareness dengan lebih agresif dalam kampanye pemasaran, baik secara offline maupun online.


Disclosure: Kurio dan DailySocial adalah bagian Merah Putih Incubator

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter