EntrepreneurMSME Tutorial

Langkah-langkah Strategi Marketing, Begini Penerapannya!

Fungsi strategi marketing yakni menentukan target pasar yang tepat bagi bisnis dan dapat membantu bersaing dengan bisnis lainnya.

Dalam menjalankan suatu bisnis, pelaku bisnis tentu perlu memikirkan perencanaan bisnis dengan matang. Salah satu bentuk perencanaan yang penting bagi bisnis, dalam mengambil langkah yang efektif untuk masa depan yakni strategi marketing atau pemasaran.

Strategi marketing yang tepat akan berdampak baik bagi bisnis. Misalnya, untuk menentukan target pasar yang tepat bagi bisnis dan memaksimalkan alokasi sumber daya perusahaan. Selain itu, strategi pemasaran juga dapat membantu bisnis dalam bersaing dengan bisnis lainnya.

Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami dan menerapkan strategi pemasaran, sehingga dapat merasakan manfaatnya bagi bisnis. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Strategi Marketing?

Strategi marketing adalah suatu kumpulan tindakan atau langkah bisnis yang bertujuan untuk mengenalkan produk bisnis kepada masyarakat luas, dan membuat konsumen melakukan aktivitas pembelian produk hingga mengulangi pembeliannya.

Menurut ahli Paul dan Guiltinan, strategi marketing sendiri merupakan sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis atau perusahaan. Langkahnya dapat dengan menyatukan beberapa unsur pemasaran, seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, sasaran, dan sebagainya.

Lima Elemen Strategi Pemasaran

Ada lima elemen strategi marketing yang perlu diketahui pelaku bisnis. Lima elemen itu disebut dengan 5P, yang merupakan singkatan dari Product, Price, Promotion, Place, dan People. Berikut penjelasannya.

  • Produk (Product)

Dalam menentukan strategi pemasaran, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah produk bisnis. Mulai dari kualitas, fungsi, tampilan hingga pengemasan produk. Sebab, pada umumnya, hal pertama yang dipertimbangkan pelanggan sebelum pembeli adalah manfaat dan kelebihan produk tersebut.

  • Harga (Price)

Harga produk bisnis yang sesuai dengan kualitas produk menjadi salah satu elemen dalam strategi pemasaran. Penetapan harga tersebut dapat mengacu pada harga jual produk kompetitor di pasaran, diskon, metode pembayaran, kredit, hingga layanan lainnya.

  • Promosi (Promotion)

Strategi pemasaran erat kaitannya dengan promosi. Promosi adalah segala aktivitas yang dilakukan agar bisnis dapat dikenal oleh banyak orang. Caranya dapat dengan memanfaatkan relasi, sponsor hingga pasang iklan.

  • Tempat (Place)

Elemen strategi pemasaran yang perlu diperhatikan berikutnya yakni tempat. Pelaku bisnis perlu mempertimbangkan tempat bisnis yang terjangkau dan mudah akses bagi pelanggan. Selain itu, juga perlu disesuaikan dengan modal bisnis yang dimiliki.

  • Sumber Daya Manusia (People)

Terakhir, pelaku bisnis perlu memperhatikan sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Mulai dari staf atau karyawan, tenaga penjualan, dan sebagainya. Sumber daya manusia yang kompeten dapat memberikan pelayanan baik bagi pelanggan, sehingga dapat menguntungkan bisnis.

Langkah-langkah Penerapan Strategi Marketing

Berikut ini beberapa contoh penerapan strategi pemasaran yang dapat dilakukan pelaku bisnis.

  • Terapkan Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Tujuannya penerapan marketing mix yakni untuk mencapai target market yang diinginkan. Ada pun elemen dari marketing mix ini antara lain 5P (Product, Price, Promotion, Place, dan People) yang telah dijelaskan di atas.

  • Pahami Target Pasar

Sebelum memasarkan produk bisnis, langkah strategi marketing yang dapat dilakukan pelaku bisnis yakni dengan melakukan riset untuk mengenal konsumen yang disasar. Tujuannya agar produk bisnis sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik konsumen.

  • Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah skala pengetahuan konsumen sebagai target pasar dalam mengenali produk bisnis. Dalam membangun brand awareness ini, pelaku bisnis dapat memperhatikan beberapa hal yang membuat konsumen ingat dengan produk bisnis yang ditawarkan. Misalnya, dari nama atau logo brand, promosi di media sosial, website, influencer marketing, dan event.

  • Strategi Beri Produk Gratis

Pemberian produk gratis atau sering juga disebut produk sampling atau free trial merupakan langkah strategi marketing dengan memberikan produk berupa barang atau jasa kepada konsumen, tanpa mengenakan biaya apa pun.

Tujuannya agar konsumen dapat secara langsung mencoba produk bisnis, yang harapannya, konsuen yang telah menikmati produk akan merasa kehilangan saat produk tersebut habis. Sehingga, dapat kembali mencoba produk bisnis tersebut di kemudian hari dengan pembelian harga penuh.

Demikian penjelasan terkait langkah-langkah penerapan strategi marketing bagi bisnis, mulai dari pengertian, elemen penting hingga contoh pelaksanaannya. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again