Di penghujung 2017 ini DailySocial.id bekerja sama dengan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan JAKPAT Mobile Survey Platform, kembali menyajikan sebuah laporan kondisi Industri Teknologi Finansial (Fintech) Indonesia. Sebagai pembaruan perkembangan Fintech Report 2016, Fintech Report 2017 ini membandingkan beberapa perubahan dan dinamika teknologi keuangan berbasis digital mobile Internet di Indonesia.

Beberapa fokus laporan ini antara lain dalam dinamika pasar Fintech Indonesia (termasuk pertumbuhan jumlah startups/pemain Fintech), perkembangan peraturan perundangan serta regulasi oleh BI & OJK, pemahaman masyarakat konsumen Indonesia terhadap layanan Fintech, serta perkembangan investasi oleh para funders terhadap startup-startup Fintech.

Beberapa temuan yang kita paparkan dalam laporan ini antara lain:

  • Pertumbuhan jumlah startup fintech mulai melamban. Ini ditunjukkan bahwa persentasi pertumbuhannya di tahun 2016 sebesar 78%, sedangkan di tahun 2017 ini menurun menjadi 39%.
  • Konsumen Indonesia sudah semakin mengenal istilah fintech. Ini ditunjukkan dengan respon survei, bahwa tahun 2017 ini 67.20% responden pernah mendengar istilah fintech, dibanding tahun 2016 hanya 28.34% responden.
  • Di antara berbagai perusahaan fintech yang kami telusuri, segmen terbesar tercakup dalam sub-kategori Online Lending (termasuk P2P-Lending), yaitu sebesar 26.2%.

Untuk laporan selengkapnya, silakan unduh Fintech Report 2017 secara gratis.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.