Dengan semakin jamak dan umumnya penggunaan Internet untuk berkomunikasi, proses pencarian kerja dan melamar kerja pun juga telah semakin umum dilakukan melalui Internet juga. Sederhananya, surat lamaran kerja pun lebih umum diminta untuk dikirimkan via email daripada per pos; terutama untuk melamar pekerjaan pegawai di perusahaan-perusahaan swasta.

Tapi bagaimana untuk pekerjaan sektor informal? Apakah para pelamar pekerja ART ataupun pekerja bangunan juga melamar melalui Internet? Bagaimana dengan situs-situs sektor informal? Dan masihkah situs-situs seperti JobsDB dan JobStreet dipakai secara luas, atau justru pelamar kerja & perekrut lebih percaya pada WhatsApp Group dan Linkedin?

Survei Situs & Layanan Pekerjaan 2017 dilaksanakan untuk mendapat gambaran sekilas bagaimana masyarakat/ konsumen Indonesia melamar kerja di era Media Sosial sekarang ini. Survei dilaksanakan oleh DailySocial.id bekerjasama dengan Jakpat Mobile Survey Platform terhadap sejumlah 997 responden yang disampel proporsional dari populasi pengguna smartphone se-Indonesia. Beberapa temuan riset antara lain:

  • 67% responden menyatakan sedang mencari pekerjaan baru.
  • 60.66% responden menyatakan belum pernah mendengar situs-situs pekerjaan informal seperti tukangers.com dan maidium.id
  • 60.06% responden pernah menggunakan JobStreet dan 44.06% pernah menggunakan Karir.com
  • 52.11% pernah menggunakan WhatsApp Groups untuk mencari informasi lowongan

Laporan selengkapnya bisa diunduh di halaman riset Job Recruitment Sites & Services Survey 2017.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.