Aplikasi mobile instant messaging tak dipungkiri lagi menjadi salah satu aplikasi yang paling digunakan pengguna perangkat mobile Indonesia — bila bukan merupakan aplikasi paling utama. Beberapa tahun yang lalu adalah BBM (BlackBerry Messenger) yang menjadi chat apps paling sering digunakan di Indonesia. Sekarang ini, bisa diperkirakan, WhatsApp yang paling banyak digunakan.

Survei ini bertujuan mengukur berbagai aspek perihal penggunaan aplikasi mobile chat app oleh konsumen Indonesia, berbagai fungsi guna — seperti untuk komunikasi kerja, menjaga kontak dengan keluarga, dsb. — dan juga bagaimana tanggapan masyarakat terhadap tindakan Kementrian Kominfo Republik Indonesia beberapa waktu sebelum ini, yang melakukan blokir terhadap layanan chat app Telegram. Survei dilaksanakan awal Agustus 2017 oleh DailySocial.id bekerjasama dengan Jakpat Mobile Survey Platform.


Beberapa temuan survei antara lain:

  • 97.24% responden survei menyatakan pernah menggunakan WhatsApp, dan 61,81% mengatakan bahwa WhatsApp adalah aplikasi instant messaging yang paling sering mereka gunakan.
  • Empat aplikasi mobile instant messaging paling pernah digunakan para responden adalah WhatsApp (97,24%), LINE (88,49%), BBM (85.82%), dan FB Messenger (77,26%)
  • Hanya 0.76% responden menyatakan paling mengandalkan Telegram untuk instant messaging
  • Jumlah responden yang memisahkan penggunaan chat apps berdasarkan jenis komunikasi (untuk pekerjaan, untuk keluarga), sebesar 40.19%, hanya sedikit lebih sedikit dari yang tidak memisahkan (59.81%).
  • Cukup banyak responden (90.48%) yang setuju bahwa kita membutuhkan sebuah chat apps yang khusus dibuat oleh, dan dikelola oleh, perusahaan Indonesia.

Untuk laporan survei selengkapnya, Anda dapat mengunduh gratis “DailySocial Instant Messaging Survey 2017” dari DailySocial.id

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.