DScovery

Manfaat dan Contoh Laporan Keuangan Untuk UMKM

Laporan keuangan tidak hanya digunakan di perusahaan besar saja, tetapi UMKM juga harus memilikinya.

Laporan keuangan biasanya identik dengan perusahaan atau bisnis besar, hal ini dikarenakan perusahaan yang sehat bisa dilihat dari laporan keuangannya yang stabil. Namun, tidak memungkiri juga jika sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga perlu memiliki laporan keuangan untuk UMKM.

Mengapa ada laporan untuk UMKM? Karena apapun bentuk bisnisnya akan terlihat lebih profesional jika kamu memiliki laporan keuangan, hal ini juga bertujuan untuk melihat apakah bisnis yang kamu jalani ini berkembang dalam segi keuangan.

Yuk, cari tahu tentang laporan keuangan untuk UMKM di artikel berikut!

Mengapa laporan keuangan penting untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)?

Mengutip dari The Blueprint ada banyak alasan mengapa laporan keuangan untuk UMKM itu penting, di antara adalah:

1. Mengetahui terkait pendanaan UMKM 

Sebuah usaha kecil atau apapun usaha yang besar itu harus mengetahui dana yang dimiliki oleh bisnisnya. Tidak hanya dana yang dimiliki, tetapi tahu berapa banyak uang yang masuk setelah produk atau jasa laku di pasaran, berapa harga sewa tempat atau alat, berapa hutang yang harus dibayarkan perusahaan setiap bulannya, dan berapa banyak aset yang dimiliki oleh bisnis kamu.

Laporan keuangan untuk UMKM juga akan berguna bagi calon investor jika bisnismu berkembang pesat, karena laporan keuangan akan memiliki rincian terkait aset, sewa, dan ekuitas. Sehingga, kamu bisa tahu seberapa cepat konsumen membayar tagihan kamu atau berapa banyak uang harus dibayarkan untuk hutang. Hal seperti ini akan berguna dalam jangka panjang.

2. Memberikan owner gambaran terkait profitabilitas

Di dalam laporan keuangan tentunya akan ada yang disebut sebagai laporan laba rugi yang terpisah dari laporan pendapatan, beban, penjualan, harga pokok penjualan, operasional, dan laba bersih.

Sehingga, hal ini dengan mudah memberikan gambaran terkait penghasilan bersih yang UMKM kamu hasilkan. Laporan untuk UMKM juga akan berisi laba rugi yang sangat berguna jika seandainya bisnis yang kamu jalani membutuhkan pinjaman dana.

3. Menampilkan aktivitas uang tunai

Sama seperti laporan arus kas, laporan keuangan untuk UMKM juga akan memberikan perincian terkait uang tunai yang masuk dan keluar dari bisnis yang kamu kelola. Hal ini sangat penting untuk mengetahui rincian uang kas agar bisnis juga bisa berjalan secara lancar, karena keuntungan bisnis berasal dari uang tunai.

4. Menampilkan uang yang tersisa

Tidak hanya menampilkan uang tunai yang masuk saja, laporan keuangan untuk UMKM akan menampilkan berapa jumlah uang tunai yang tersisa. Uang sisa ini akan sangat penting untuk diinvestasikan atau juga juga untuk membayar dividen kepada investor.

Contoh laporan keuangan UMKM

Berikut adalah contoh laporan keuangan untuk UMKM khususnya rumah makan yang bisa kamu jadikan referensi:

Usaha Rumah Makan 

Laporan Keuangan 

Periode Maret 2022

 

Arus Kas yang Diperoleh Aktivitas Kas Operasional

Kas dari pelanggan ₋₋ Rp5.000.000

Pembayaran pada kas beban ₋₋ Rp10.000.000

Kas bersih yang didapat dari aktivitas kas operasional ₋₋ Rp5.000.000

 

Arus Kas yang Diperoleh Aktivitas Kas Investasi

Penjualan/ pembelian dari Aktiva tetap ₋₋ Rp2.000.000

 

Arus Kas yang Diperoleh Aktivitas Kas Pendanaan

Kas sebagai investasi ₋₋ Rp20.000.000

Penarikan dilakukan pemilik ₋₋ Rp4.000.000

Arus kas secara bersih aktivitas kas pendanaan ₋₋ Rp16.000

Kenaikan/ penurunan secara bersih dari kas ₋₋ Rp3.000.000

KAS DI AWAL PERIODE Rp0

KAS DI AKHIR PERIODE Rp3.000.000

Nah, itu alasan dan contoh laporan keuangan untuk UMKM yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa membuat laporan keuangan untuk UMKM semenjak bisnis kamu dimulai, agar bisa tercatat dengan secara rapi juga. Kamu dapat membuat laporan keuangan UMKM dengan menggunakan format Microsoft Excel yang sudah tersedia di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again