HP dan Acer Luncurkan Laptop Windows 10 S Pertamanya

HP meluncurkan ProBook x360 Education Edition, sedangkan Acer melepas TravelMate Spin B1

Tak lama setelah Microsoft secara resmi mengumumkan sistem operasi format baru, Windows 10 S bersama dengan laptop Surface, Acer dan HP langsung tancap gas ikut memperkenalkan notebook pertama mereka yang menggondol OS versi ringan tersebut. HP memperkenalkan ProBook x360 Education Edition, sedangkan Acer memperkenalkan TravelMate Spin B1.

Kedua laptop barangkali sudah Anda kenali mengingat keduanya memang pernah diluncurkan oleh masing-masing pabrikan. Dalam hal perangkat keras, tak ada perbedaan versi ini dengan versi sebelumnya, namun dalam hal piranti lunak, keduanya memboyong OS Windows 10 S dan dengan banderol yang jauh lebih terjangkau.

HP ProBook x360 Education Edition

Laptop yang dirancang untuk pelajar dan tenaga pengajar ini mempunyai layar berukuran 11,6 inci dengan resolusi 1336 x 768 piksel. Jeroannya dihuni prosesor Intel Celeron yang ditopang RAM 4GB dan memori internal 64GB. Kelahiran pertama model ini terjadi pada bulan Desember tahun lalu dan sejatinya dirancang tak jauh dari dunia pendidikan.

Dan untuk memenuhi standarisasi kekuatan, HP menerapkan standar militer guna mencegah kerusakan fatal saat perangkat tanpa sengaja terjatuh dari ketinggian. Laptop juga mempunyai engsel 360 derajat yang memungkinkan pengguna memperoleh sudut pandang sesuai kebutuhan. Bahkan jika diperlukan perangkat dapat dilipat total sehingga menyerupai sebuah tablet.

HP juga membenamkan kamera HD 1080p yang diletakkan di bagian keyboard, memungkinkan pengguna merekam video ketika menggunakan mode tablet. Ada dua jenis port USB 3.1 di sisi perangkat, bersama dengan port USB tipe C, HDMI, audio jack dan juga konektor daya. Segera hadir di toko-toko retail, HP ProBook x360 Education Edition dibanderol $299 per unitnya.

Acer TravelMate Spin B1

Acer TravelMate Spin B1 mempunyai penampang layar selebar 11,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Seperti sang rival, notebook ini juga ditenagai prosesor Intel Celeron untuk melahap segala aktivitas di dapur perangkat. Sebagai pendukung ada pula RAM 4GB dan memori internal seluas 64GB. Notebook ini juga mempunyai engsel dengan sudut 360 derajat, sehingga mudah dilipat sesuai kebutuhan penggunanya. Tambahan stylus makin memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat.

Selain dukungan Bluetooth 4.0, notebook juga mempunyai sejumlah fitur pelengkap seperti WiFi MIMO, port GbE, webcam, SD card reader, dan juga keyboard yang tak akan rusak saat terkena tumpahan minuman. Seperti halnya HP ProBook, Acer TravelMate Spin B1 juga ditawarkan seharga $299.

Sumber berita Softpedia, Microsoft.