Politikana.com, sebuah situs UGC (user generated content) yang mengambil topik Politik semalam secara resmi diluncurkan. Bertempat di Kedai Salihara, Pasar Minggu situs yang berumur hampir dua bulan ini mengadakan pesta peluncuran dengan memperkenalkan konsep dari Politikana sebagai sarana pendidikan politik di Indonesia. Dengan 1100 member yang sudah terdaftar, Politikana memang sudah masuk ke versi public beta dan bahkan sudah memiliki anggota yang sangat aktif. Bahkan beberapa anggota saking aktifnya sampai-sampai memiliki beberapa account yang disebut clone.

Acara dibuka dengan suguhan hidangan makan malam yang siap disantap langsung oleh para undangan yang kebanyakan berasal dari kalangan blogger dan jurnalis media. Selesai makan malam acara pun langsung digeber oleh host Ndoro Kakung dan Hanny Kusumawati, dengan Enda Nasution (CEO) yang membawakan pidato pembukaan launching politikana.

Dari paparan beberapa pembicara di acara ini, terlihat bahwa Politikana memiliki positioning sebagai media belajar dan pembelajaran politik yang mendukung kebebasan berpendapat. Dengan konsep UCG yang kental, situs ini menjadi sangat dinamis dan juga user-oriented. Disini pengguna bisa menulis artikel sendiri, memberikan rating terhadap artikel lain, dan juga memiliki sistem reward (pamor) untuk tiap pengguna, sebuah konsep yang terbilang baru dan belum banyak diadopsi oleh situs-situs lokal. Namun hal inilah yang justru menjadi kekuatan Politikana dan menjadikannya satu-satunya media politik yang bersifat user-generated, atau bisa juga disebut Politik 2.0.

Untuk anda penggemar politik, jangan lupa meluncur ke Politikana dan berdebat dengan sehat untuk melatih otak dan nasionalisme anda :)

Berikut slideshow foto-foto di acara tersebut, atau bisa dilihat di FLickr.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again