1. Startup

Layanan Berbasis Lokasi Yotomo Rilis Versi 2.0

Berganti tahun tentunya berarti pembaruan terhadap layanan yang sudah ada menuju ke arah yang lebih baik. Layanan berbasis lokasi, Yotomo, seiring pergantian tahun merilis versi terbaru 2.0 untuk platform BlackBerry dan Android. Yotomo yang menggunakan data Foursquare sebagai basis layanannya menyebutkan selain perbaikan di area desain, terdapat pula sejumlah fitur baru yang diperkenalkan.

Fokus pembaruan untuk versi 2.0 ini adalah permainan yang disebut oleh "Title". Permainan ini mengambil basis Mayorship yang sudah diperkenalkan oleh Foursquare. Bedanya, ada bermacam-macam gelar yang bisa diperebutkan untuk suatu venue bergantung kategorinya. Gelar untuk suatu venue pun tidak cuma satu titel, tetapi 3 level. Contohnya adalah untuk venue kategori Restaurant, pengguna Yotomo akan memperebutkan titel Chef, Cook, dan Waiter. Contoh lain adalah kategori Office, di mana ada gelar CEO, Manager, dan Intern yang diperebutkan. Untuk setiap venue di masing-masing kategori, level tertinggi hanya bisa dimiliki oleh satu pengguna -- seperti layaknya Mayor di Foursquare.

Selain Yotomo juga memperkenalkan suatu tool yang mempersilahkan merchant untuk mengkonfirmasi keberadaan seorang pengguna apakah benar-benar sedang berada di venue yang dimaksud. Misalnya merchant Restoran A sedang mengadakan promo berbasiskan check-in, maka admin merchant tersebut bisa menggunakan tool ini untuk mengkonfirmasi apakah setiap pengguna yang check-in benar-benar hadir untuk mengklaim hadiah promo.

Sejujurnya saya masih merasa mixed feeling dengan inovasi ini. Bukan masalah di eksekusinya, tapi apakah antusiasme pengguna layanan berbasis lokasi untuk mendapatkan badges atau menjadi mayor (dan semacamnya) ini masih serupa seperti saat Foursquare baru hadir di sini. Sepanjang pengamatan saya, hanya sebagian kecil yang benar-benar masih menggunakannya semata-mata untuk itu. Pengguna layanan berbasis lokasi nampaknya sudah mulai mature, terbukti bahwa kebanyakan sudah menggunakannya semata-mata untuk menginformasikan di mana posisi pengguna saat itu berada.

Apakah layanan lokal berbasis lokasi seperti ini masih bisa bertahan? Menurut saya tahun 2012 ini adalah tahun krusial bagi mereka dan saya tidak akan heran jika bakal ada layanan seperti ini yang berhenti beroperasi karena tidak mampu menarik lebih banyak pengguna dan merchant yang berpartisipasi.

Yotomo untuk BlackBerry versi terbaru bisa diunduh melalui http://www.yotomo.com/download/blackberry, sementara untuk Android bisa diunduh di Android Market. Versi mobile web-nya bisa diakses di alamat http://www.yotomo.com/m.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again