1. Startup

Layanan Daily Deals Dari Loveindonesia.com

Pada acara BlackBerry DEVCON Asia 2011, Love Indonesia yang merupakan salah satu aplikasi pemenang regional dari acara developer challenge, meluncurkan fasilitas baru bagi layanan mereka yaitu Love Coupon.

Aplikasi BlackBerry Love Indonesia merupakan pemenang regional dari acara Super Apps BlackBerry Developer Challenge untuk wilayah Asia Pasifik yang diadakan pada bulan November tahun lalu. Selain aplikasi BlackBerry, Love Indonesia juga memiliki situs yang menawarkan layanan serupa yang mereka berikan di aplikasi BlackBerry, yaitu direktori kota dengan berbagai informasi seperti promosi, jadwal film, event, galeri foto dan video, daftar resep makanan, informasi saham dan informasi lalu lintas dan kini fasilitas mereka bertambah dengan layanan daily deals.

Seperti layanan daily deals lain, Love Coupon dari Love Indonesia menawarkan potongan harga untuk penawaran tertentu, saat artikel ini ditulis, penawaran yang ditawarkan adalah dari merchant restoran dengan potongan 30%, metode yang digunakan juga sama, pengguna membeli dan membayar (menggunakan metode transfer antar bank) kemudian jika deal jadi maka pengguna bisa mencetak kupon yang dikirimkan lewat email.

Kalau melihat layanan daily deals sebagai fasilitas terpisah, mungkin hampir tidak ada bedanya dengan layanan lain yang kini tumbuh pesat, namun jika menjadi pelengkap layanan Love Indonesia lainnya, bisa jadi ini akan menjadi salah satu fasilitas yang akan diakses dan digunakan oleh pengguna mereka.

Dari rilis resmi mereka yang diterima DailySocial, layanan Love Coupon ini juga hadir didasarkan dari perilaku pengguna mereka yang menyukai penawaran lebih (diskon) dari restoran atau toko, ini bisa mengindikasikan bahwa demand dari pengguna mereka telah ada.

Sebagai layanan direktori kota, Love Indonesia telah memiliki berbagai informasi tentang kota, baik itu tempat makan, promosi, hotel, film, dll dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Bali, Surabaya, Mataram, Yogyakarta, Semarang, Solo, Makasar, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Medan, Palembang dan Menado, memang tidak semua fasilitas mencakup semua kota ini, tetapi setidaknya direktori kota serta film termasuk di dalamnya.

Dan penambahan untuk layanan daily deals bisa menjadi tambahan yang cukup pas, misalnya setelah mendapatkan informasi tentang tempat makan, jika ada penawaran diskon dari tempat itu, pengguna bisa langsung membeli lewat layanan Love Coupon.

Memang Layanan direktori lain juga menerapkan fasilitas yang hampir serupa, misalnya Urbanesia yang pernah melakukan kerja sama dengan DealKeren, satu kelebihan yang dimiliki oleh Love Indonesia adalah, Love Coupon adalah milik mereka sendiri, jadi dari segi keuntungan pemasukan, mereka tidak perlu lagi membagi dengan pihak ketiga.

Persoalannya adalah dari diskon, 30% sepertinya masih kurang menarik, apalagi jika dibandingkan dengan layanan daily deals lain yang menawarkan potongan sampai 90%. Proses pembayaran juga masih terbatas, hanya tersedia pembayaran dengan BCA. Jumlah pembeli diskon juga sepertinya masih kurang, saat tulisan ini ditulis, penawaran potongan diskon baru satu, dan masih belum ada pembeli.

Love Coupon versi web diluncurkan tanggal 14 Januari 2011 di BlackBerry DEVCON Asia kemarin dan saat ini Love Coupon masih dalam taraf beta dan hanya tersedia di Love Indonesia versi Web, fasilitas serupa untuk aplikasi BlackBerry akan segera tersedia. Jadi, masih banyak hal yang bisa diperbaiki dan ditambahkan dari layanan Love Coupon ini, dan mungkin saja setelah diintegrasikan dengan aplikasi Love Indonesia di BlackBerry, Love Coupon baru menemukan momentumnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again