Categories

MARKETING

Mengenal Jenis-Jenis Layanan Email Automation untuk Startup

Tidak dapat disangkal bahwa hal ini masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif

Prilita Kamalia - 30 March 2020

Email dapat menjadi cara yang efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi. Layanan email automation yang digunakan untuk pemasaran pun bermunculan dan mulai banyak digunakan. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Di antara berbagai jenis pilihan layanan, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Tentunya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada sebaik mungkin.

Berikut ini 10 layanan email automation untuk bisnis startup yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang kegiatan pemasaran:

MailChimp

MailChimp menawarkan akun premium gratis untuk para penggunanya. Platform ini merupakan pilihan populer bagi pemilik bisnis dengan anggaran sedikit, atau tanpa anggaran. Meskipun dengan paket berlangganan gratis, Anda tidak dapat meremehkan penawarannya. Sebab, fitur yang dimiliki oleh MailChimp akan membantu kebutuhan bisnis, terutama dalam layanan email automation.

BenchMark

BenchMark email memiliki fitur yang mudah digunakan, mulai dari editor email drag-and-drop hingga email automation. Jika Anda ingin menggunakannya, layanan ini menyediakan paket gratis  dengan 250 email per bulan, atau berbayar dengan biaya $13.9 per bulan.

Elite Email

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil, yayasan, atau organisasi nirlaba mungkin akan cocok menggunakan layanan Elite Email. Layanan email automation ini dapat memberikan laporan geografis berupa lokasi pelanggan dan di mana mereka terlibat dengan email Anda melalui peta interaktif. Selain itu, Anda bisa mengirimkan email dan membuat segmentasi tak terbatas. Elite email menawarkan paket gratis untuk 500 kontak dengan pengiriman email tak terbatas dan $15 per bulan jika membutuhkan lebih dari 500 kontak.

Freshmail

Layanan email ini menyediakan fitur-fitur seperti membuat track dan konten dinamis, juga bisa menghasilkan barcode untuk mengirimkan email dan bisa melakukan A/B testing. Biayanya terjangkau walaupun tetap harus memiliki keahlian dalam  melakukan pengoperasiannya. Salah satu fitur gratis yang diberikan adalah Email tak terbatas hingga 500 kontak, membuat layanan ini tidak cocok untuk skala bisnis yang besar. Namun cocok untuk bisnis waralaba dan UMKM. Sedangkan untuk fitur berbayar dikenakan biaya $7 untuk 1.000 email, tergantung pemakaian.

Mailerlite

Mailerlite merupakan salah satu layanan email marketing termurah dan cocok untuk pemula karna pengoperasiannya yang mudah. Meskipun menyediakan fitur gratis, ketika Anda berencana untuk berlangganan biayanya pun tergolong murah sekitar $6,66. Tentunya harga yang sangat murah dibanding platform lain. Selain mudah digunakan, adanya kemampuan autoresponder dan embed formulir untuk mengumpulkan email menjadi fitur andalan pada layanan ini.

Reachmail

Reachmail salah satu platform yang juga banyak digunakan untuk kegiatan email marketing. Untuk yang ingin mencoba, layanan ini menyediakan fitur gratis untuk 5.000 kontak dan 15.000 email per bulan untuk Anda gunakan. Sedangkan jika ingin menambahkan fitur yang lebih komplit, Anda dapat berlangganan dengan biaya mulai $10 per bulan untuk 7.500 kontak dan 30.000 email. Kelebihan menggunakan Reachmail adalah tidak ada persyaratan untuk mendaftar.

VerticalResponse

Layanan VerticalResponse memungkinkan untuk melakukan penjadwalan media sosial tak terbatas di Facebook dan Twitter. Kelabihan lainnya adalah adanya integrasi dengan banyak platform CRM seperti Salesforce, SugarCRM, ZohoCRM dan lain-lain.

SendinBlue

Bagi yang ingin mencoba layanan ini, mereka selalu memberikan fitur gratis bagi penggunanya dengan akses 9.000 email per bulan dan subscriber tak terbatas (baik gratis maupun berbayar). Hal ini jarang ditemui di platform lain karena biasanya selalu memberikan limit subscriber. Batasan untuk fitur gratis dalam mengirim email hanya 300 per hari . Dan untuk fitur berbayarnya hanya sebesar $7,37 per bulan dengan 40.000 email per bulan.

MTarget

MTarget adalah aplikasi online yang didesain untuk membantu bisnis melakukan pemasaran melalui kanal email. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur social media management. Untuk bersaing dengan produk-produk luar negeri, ada sejumlah keunggulan yang coba dihadirkan dalam platform MTarget seperti email automation dengan sistem labeling yang memudahkan pengguna dalam melakukan segmentasi.

Campayn

Campayn menyediakan fitur pengelolaan kontak dan memungkinkan pengguna untuk menanamkan formulir pada website. Hal ini akan mempermudah untuk mengumpulkan email subscriber dengan biaya yang kompetitif.

Menggunakan layanan email sebagai kegiatan pemasaran bisa menjadi tugas besar. Meskipun begitu, strategi ini patut dicoba untuk bisnis. Selalu ingat faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih penyedia layanan pemasaran email, seperti apa langkah awal yang tepat ketika akan memulai menggunakan layanan email untuk pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini sangat penting untuk menghindari segala masalah dan kendala di masa depan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter