Categories

Berita

Layanan Pencarian Kerja Karir.com Perkenalkan Fitur Salary Benchmark

Bekerja sama dengan Kelly Services untuk menghadirkan fitur ini

Adjie Priambada - 4 November 2015

Pionir portal karir online di Indonesia, Karir.com, hari ini (4/11) resmi memperkenalkan fitur terbarunya yang disebut Salary Benchmark. Fitur Salary Benchmark tersebut hadir atas kerja sama dengan Kelly Services Indonesia, perusahaan rekrutmen dan headhunter  asal Amerika Serikat. Pada dasarnya, Salary Benchmark adalah fitur pebanding gaji yang memungkinkan calon pelamar mengetahui gaji di pasaran untuk tiap level posisi dan industri yang sama.

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dewasa ini kian ketat. Selain jenjang karir yang jelas, faktor lain yang menjadi pertimbangan para pencari kerja adalah besarnya remunerasi yang diberikan oleh perusahaan. Berangkat dari latar belakang tersebut Karir.com bekerja sama dengan Kelly Services Indonesia, yang rutin menerbitkan panduan gaji tahunan Indonesia, untuk meluncurkan fitur Salary Benchmark.

CEO Karir.com Dino Martin mengatakan, “Dengan fitur ini, sebelum melamar di sebuah perusahaan, seseorang sudah memiliki target berapa gaji yang akan mereka ajukan. Kalau selama ini mereka kerap bingung dan hanya main tebak saja, sekarang mereka tahu gambaran yang lebih baik.”

Pada dasarnya, fitur Salary Benchmark adalah fitur yang dapat membandingkan besaran gaji di pasaran untuk tiap level posisi dan industri yang sama dengan ikut mempertimbangkan lamanya waktu berkarir di industri berangkutan. Selain informasi, para pencari kerja juga akan mendapatkan Tips Karir berdasarkan hasil perhitungan gajinya.

Dijelaskan Product Manager Karir.com Ratih Pulkeria, untuk menggunakan fitur ini pengguna harus memiliki profil atau akun di Karir.com terlebih dahulu. Sebelum dapat membandingkan gaji di pasaran, pengguna juga akan diminta untuk melengkapi berbagai data, seperti data pribadi, industri, fungsi pekerjaan, level posisi, dan lama berkarir. Satu akun atau pengguna pun hanya diberi kesempatan menggunakan fitur ini setiap enam bulan sekali.

Ratih mengatakan, “Informasi ini diperlukan […] untuk menghitung bagaimana posisi gaji seseorang di pasaran atau dengan kata lain mencocokkan informasi pengguna dengan database kami. […] Kami [juga] berasumsi bahwa performance review di perusahaan dilakukan paling cepat setiap enam bulan, jadi gaji pun hanya akan berubah paling cepat enam bulan kemudian.”

Sebelumnya, pionir portal lowongan pekerjaan di Indonesia ini telah meluncurkan program management trainee untuk Generasi Z yang disebut MT Academy. Saat ini, Karir.com sendiri sudah berada di bawah naungan Grup EMTEK setelah diakuisisi secara diam-diam.

Bila Anda telah memiliki akun atau menjadi pengguna di portal Karir.com, Anda dapat mengakses fitur Salary Benchmark ini melalui tautan berikut.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter