Layanan Streaming Musik Deezer Sudah Hadir di Indonesia

Layanan Streaming Musik Deezer Sudah Hadir di Indonesia

deezer-screenshot-excerpt
deezer-screenshot-excerpt

Sebuah layanan streaming musik asing akhirnya resmi masuk di Indonesia. Deezer yang berasal dari Perancis sekarang sudah bisa diakses di berbagai media, baik dari komputer maupun berbagai platform smartphone. Sebelumnya, Deezer sudah hadir di Thailand, Singapura dan Malaysia bulan Agustus yang lalu. Seperti dikutip dari The Next Web, Deezer mengkonfirmasi hari ini layanannya telah tersedia secara gratis di 160 negara, di mana saya sendiri mengkonfirmasi bahwa Indonesia sudah termasuk di dalamnya.

Kehadiran Deezer sebagai media streaming musik secara legal tentu merupakan angin segar di Indonesia mengingat layanan unduhan iTunes belum tersedia. Deezer baru saja memperoleh pendanaan $130 juta dari Access Industries dan ini menjadikannya agresif untuk menandingi layanan Spotify yang lebih populer. Deezer memperbarui tampilan situs, memperbaiki tampilan aplikasi mobile dan fokus untuk meningkatkan kualitas layanan gratisnya. Saat ini Deezer telah memiliki 20 juta lagu dalam basisdatanya. Berbeda dengan Spotify, Deezer belum akan memasuki pasar Amerika Serikat yang sudah advanced, setidaknya tidak sekarang.

Kembali ke Indonesia, saya saat ini mencoba layanannya melalui aplikasi mobile dan mengakui bahwa basisdata lagu yang dimilikinya cukup lengkap. Tidak cuma lagu-lagu Barat yang mainstream, lagu-lagu Indonesia dan Korea yang ada pun cukup lengkap. Rindu lagu-lagu Iwan Fals? Deezer menyediakannya. Masih belum move on dari hype Gangnam Style? Deezer memiliki sejumlah versinya.

Yang menarik dibahas tentu tentang layanan gratisnya. Di situsnya disebutkan bahwa layanan Premium+ yang mengakomodasi pengaksesan tanpa batas melalui mobile membutuhkan biaya berlangganan $5.99 per bulan (dengan 15 hari free trial). Tidak mahal jika dibanding akses yang kita peroleh, hanya seharga 1 buah CD, tapi saya belum memiliki konfirmasi apakah layanan free service yang disebutkan oleh Deezer hari ini juga mencakup layanan mobile juga.

Sesaat setelah login menggunakan akun Facebook, kita langsung dibawa ke halaman utama di mana akses yang disediakan tanpa batas untuk seluruh lagu. Saya akan tunggu sampai bulan depan, apakah akan muncul tagihan langganan Deezer di billing saya.

Layanan mobile Deezer tersedia untuk platform iOS, Android, BlackBerry dan Windows Phone. Saat ini saya baru mencoba di iOS dan semua lagu bisa di-stream dengan lancar.

Sebelumnya saya sempat menulis bahwa webapp HTML5 Grooveshark, yang juga merupakan layanan free streaming, bisa diakses dengan mudah di Indonesia. Selain itu, di Indonesia sendiri kita sudah memiliki Ohdio yang fokus untuk label musik Indonesia, meskipun belum bisa diakses dari mobile. Kita harapkan bakal semakin banyak lagu-lagu Indonesia yang bisa diakses dari layanan streaming seperti ini.

Selamat datang Deezer dan selamat datang era baru monetisasi layanan musik di Indonesia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…